Ini Dia 'Detektif Alami', Asisten Polisi dalam Mengungkap Beragam Kejahatan

Ini Dia 'Detektif Alami', Asisten Polisi dalam Mengungkap Beragam Kejahatan

Ilustrasi - Lalat berperan penting dalam proses pengungkapan aksi kejahatan.-(Disway/ Istimewa)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Di dunia forensik, ada satu alat yang sering diabaikan tapi sangat berharga, yakni lalat. 

Ya, Anda tidak salah dengar! Lalat, serangga kecil yang sering dianggap menjijikkan, sebenarnya memiliki peran penting sebagai detektif alami dalam memecahkan kasus-kasus kriminal.

Bayangkan, Anda sedang menyelidiki sebuah tempat kejahatan. Saat Anda melihat ke sekeliling, Anda mungkin akan melewatkan detail-detail kecil yang bisa menjadi kunci untuk memecahkan kasus. 

Tapi lalat tidak akan melewatkan apapun. Mereka pertama kali tiba di lokasi kejahatan dan segera mulai melakukan pekerjaan mereka.

BACA JUGA: J Setubuhi Jenazah Ibu dan Anaknya, Terungkap dalam Rekonstruksi Pembunuhan Sekeluarga di Penajam

Pertama-tama, ada lalat bangkai. Mereka adalah yang pertama kali mendeteksi bau tidak sedap dari mayat. Tanpa ragu, mereka akan segera menempatkan telur-telur mereka di sekitar tubuh korban. 

Ini mungkin terdengar menjijikkan, tapi larva yang keluar dari telur-telur ini memberikan petunjuk yang sangat penting tentang berapa lama mayat itu telah berada di sana. Mereka adalah penanda utama waktu kematian.

Lalu ada lalat biru dan lalat hijau. Mereka adalah lalat yang sering terlihat mengelilingi mayat manusia. Tapi jangan salah, mereka bukan hanya lalat biasa. Dengan analisis stadium perkembangan larvanya, mereka membantu menyusun gambaran tentang berapa lama korban telah meninggal. 

BACA JUGA: Bukannya Melindungi, Seluruh Anggota Keluarga Justru Lakukan Kekerasan Seksual Terhadap Bocah 10 Tahun

Jadi, jika Anda pernah mendengar tentang 'kematian yang sedang berlangsung', mereka adalah yang memberi tahu kita tentang itu.

Tak hanya itu, lalat juga dapat membawa bukti-bukti yang tak terlihat. Mereka bisa membawa jejak DNA yang berguna untuk menghubungkan tersangka dengan tempat kejahatan atau korban. 

Ini seperti membawa kunci-kunci rahasia yang bisa membuka peti-peti misteri dalam kasus-kasus kriminal.

Jenis-jenis lalat juga punya peran masing-masing. Lalat bangkai, lalat biru, dan lalat hijau adalah pahlawan tak terduga yang membantu penyidik dalam mengungkap kebenaran di balik kejahatan. 

BACA JUGA: Revisi UU Desa Mendadak Disetujui Secepat Kilat, Formappi Tuding Adanya Lobi-Lobi Politik Jelang Pemilu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: