Revitalisasi Pasar Klandasan Rampung, Diresmikan Besok 8 Februari 2024

Revitalisasi Pasar Klandasan Rampung, Diresmikan Besok 8 Februari 2024

Bangunan baru pasar Klandasan usai direvitalisasi oleh Pemkot Balikpapan.-(Antara)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Pasar tradisional Klandasan yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) dinyatakan telah rampung diperbaiki. 

“Pembangunan sudah  selesai 100 persen, tinggal penyelesaian atau penataan di bagian dalamnya saja,” kata Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Balikpapan, Haemusri Umar awal pekan ini.

Haemusri Umar menjelaskan, pembangunan blok A Pasar Klandasan menelan anggaran Rp3,8 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Balikpapan tahun 2023 sebesar Rp8,6 miliar. 

Sedangkan untuk  blok B menggunakan Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Provinsi Kaltim.

BACA JUGA: Terdampak IKN, Balikpapan Kecipratan Investasi Rp25 Triliun

“Rencananya pasar ini akan diresmikan pada 8 Februari 2024 bersamaan dengan hari jadi Kota Balikpapan yang ke 127,“ kata dia.

Ia menjelaskan, konsep pembangunan Pasar Klandasan sesuai dengan Detail Engineering Design (DED) yang telah disepakati Pemerintah Kota Balikpapan bersama para pedagang.

Pasca revitalisasi, pasar rakyat yang dikelola Pemkot Balikpapan itu masih sama seperti sebelumnya. Yakni memiliki 102 kios di Blok A dan 165 kios di Blok B. Jumlah tersebut sesuai dengan data jumlah pedagang yang ada sebelum dilakukan revitalisasi.

BACA JUGA: Jokowi Tetapkan 14 Februari 2024 Libur Nasional, Jangan Lupa Nyoblos!

Lanjutnya, hanya saja, pasar tersebut menggabungkan antara pasar kering dan basah menjadi satu lokasi dengan area yang berbeda. Hal itu dilakukan untuk memudahkan warga konsumen yang akan berbelanja, tidak ada lagi pembatas antara pasar kering dan basah.

"Pasar kering akan menawarkan penjualan sayuran dan produk lainnya, sedangkan pasar basah akan menjadi pusat penjualan ikan, ayam dan produk lainnya," ucapnya.

Pasar tradisional Klandasan merupakan pasar tertua di Kota Balikpapan. Setelah direvitalisasi, pasar ini memiliki dua bangunan. 

BACA JUGA: Ramalan Cuaca Kaltim, 7 Februari 2024, Waspada Hujan Angin!

“Revitalisasi bangunan  yang ada di sebelahnya akan kami usulkan lagi di tahun yang akan datang,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: