Minimalisir Potensi Hambatan Dalam Pemilu, KPU Berau Gelar Simulasi Pencoblosan di TPS

Minimalisir Potensi Hambatan Dalam Pemilu, KPU Berau Gelar Simulasi Pencoblosan di TPS

Minimalisir Potensi Hambatan Dalam Pemilu KPU Berau Gelar Simulasi Pencoblosan di TPS-(Disway Kaltim)-

Adapun tujuan dilaksanakannya simulasi ini adalah menyiapkan kesiapan petugas di tempat pemungutan suara (TPS) untuk melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara. 

"Kita menggunakan petugas yang real, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) kita ada 7 orang," ungkap Budi.

Budi menjelaskan, penghitungan suara dilakukan sebagaimana mestinya. Dimana para petugas KPPS rehat sejenak setelah penutupan, kemudian pukul 14.00 Wita akan dilanjutkan dengan penghitungan suara.

"Kita simulasikan seperti pada pemungutan sebenarnya, menggunakan model ceplano, waktunya juga kita akan laksanakan sebagaimana waktu yang sebenarnya," jelasnya.

Diketahui, untuk di TPS RT 05 ini, jumlah pemilih tidak sampai 200 orang. 

"Jadi dari jumlah tersebut, dengan 5 jenis pemilihan kita akan melihat realnya nanti selesai penghitungan itu jam berapa. Mudah-mudahan sebelum malam sudah selesai," bebernya.

Namun, kata dia, apabila belum selesai maka mekanismenya bisa dilanjutkan sampai dengan hari berikutnya atau tanggal 15 Februari 2024.

"Itu syaratnya tidak boleh ada jeda, ketika nanti kawan-kawan di TPS ada yang ingin istirahat keluar maka yang ada didalam TPS harus tetap berada didalam dan tidak boleh meninggalkan tempat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: