Persiapkan Laga Lanjutan BRI Liga 1 Indonesia, Borneo FC Lakukan Pemusatan Latihan

Persiapkan Laga Lanjutan BRI Liga 1 Indonesia, Borneo FC Lakukan Pemusatan Latihan

Persiapkan Laga Lanjutan BRI Liga 1 Indonesia, Borneo FC Lakukan Pemusatan Latihan-(ist)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Borneo FC sekarang melakukan pemusatan latihan (TC) di Kota Yogyakarta. Hal ini dilakukan oleh klub yang berjuluk Pesut Etam demi meningkatkan kuliatas para pemainnya, karena menjadi modal utama bagi anak asuh Pieter Huistra untuk menghadapi laga-laga selanjutnya dalam lanjutan BRI Liga 1 Indonesia.

Semenjak laga terakhir yang dijalani oleh skuad Pesut Etam pada bulan Desember tahun lalu (16/12/2023), Borneo FC baru ini melakukan latihan perdana secara perdana bersama-sama.

Laithan bersama ini sekaligus menjadi pemusatan latihan (training camp) yang perdana di awal tahun ini.

Dalam TC ini, yang menjadi tujuan utamanya adalah mengembalikan kondisi fisik yang dimiliki para punggawa Borneo FC agar skuad Pesut Etam bisa kembali lagi bermain secara impresif di level tertinggi kasta sepak bola negeri ini.

Hal ini disampaikan langsung oleh Pelatih fisik Borneo FC, Emir Mustafovic di sela-sela aktivitasnya (16/01/2023).

Pria berpaspor Bosnia-Herzogovina ini menjelaskan bahwa para pemain akan diberikan porsi latihan secara bertahap, artinya kian hari pemain akan kian digenjot untuk masalah fisiknya sampai kondisi fisiknya kembali prima (seperti sebelum diberikan liburan).

“Pastinya kami tak bisa berekspetasi bahwa seluruh pemain akan kembali ke kondisi level yang sama. Tapi sekarang semua pemain mulai bekerja dengan baik,” ucap Emir.

Emir juga menambahkan, saat ini mereka punya waktu empat sampai lima pekan untuk berlatih secara intensif.

Dalam latihan Intensif ini Pelatih fisik Borneo FC akan memberikan porsi latihan secara bertahap dan juga intens.

“Dalam 4 sampai 5 minggu, kami mempunyai fokus yang berbeda. Ada tiga fase yang berbeda dan ini bagaimana kami melakukannya untuk saat ini di waktu persiapan setelah libut kompetisi,” tambahnya.

Senada, Hendro Siswanto pemain yang syarat akan pengalaman di level tertinggi sepak bola Indonesia juga merasakan bahwa selama menjalani pemusatan latihan di Jogjakarta, fisiknya merasa jauh lebih baik dan kembali ke performa terbaiknya.

“Saat ini kondisi fisik saya secara pribadi dan pemain lain sudah jauh lebih baik,” tuturnya.

Hendro juga menjelaskan kondisi fisiknya dan para pemain yang lainnya mengalami penurunan setelah mendapatkan jatah liburan selama dua minggu.

“Libur dua pekan memang membawa dampak pada fisik kami, meskipun tidak terlalu besar,” ujar Hendro.

Terpisah, Sekretaris Borneo FC, Farid yang juga ikut ke Yogyakarta untuk mengawasi keigatan pemusatan latihan.

Demi mengembalikan performa terbaiknya Pesut Etam dan atas arahan dari Coach Pieter, Farid akan menjadwalkan laga uji coba selama TC ini agar para pemain dapat beradaptasi dengan situasi pertandingan.

“Kami akan uji coba di internal dulu, sebab pemain sudah cukup lama tak merasakan suasana pertandingan. Jadi mereka adaptasi dengan bermain sesama pemain dalam tim,” urai Farid dihadapan awak media.

Tak hanya uji coba internal saja, Farid akan mencoba mencarikan tim lain untuk menjadi lawan dalam laga ujicoba, salah satunya adalah Serpong City.

“Yang pasti dalam waktu dekat ini, kami uji coba internal dulu kemudian kemungkinan melawan Serpong City. Untuk kepastiannya, nanti akan kami kabarkan lagi,” pungkas Farid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: