Antisipasi Lonjakan Harga LPG, Pemkab Berau Gelar Operasi Pasar Murah

Antisipasi Lonjakan Harga LPG, Pemkab Berau Gelar Operasi Pasar Murah

Operasi pasar murah LPG 3 kg di halaman Gedung Graha Pemuda Tanjung Redeb, Rabu (10/1/2024).-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau menggelar operasi pasar murah LPG 3 kg dengan harga Rp 25.000 ribu per tabung, di halaman Gedung Graha Pemuda Tanjung Redeb, Rabu (10/1/2024).

Sebanyak empat agen di Tanjung Redeb, Gunung Tabur, Sambaliung, dan Teluk Bayur masing-masing mendistribusikan sebanyak 1.120 tabung.

"Operasi pasar ini dilaksanakan cuma satu hari saja," ujar Kepala Bidang Perdagangan Diskoperindag Berau, Hotlan Silalahi.

Menurutnya, operasi pasar murah dilakukan demi membantu masyarakat dalam rangka mengantisipasi melonjaknya harga LPG, dan sulitnya masyarakat mendapatkan akhir-akhir ini.

Selain itu, menjawab rumor yang berkembang di masyarakat, yang mengatakan di Berau terjadi kelangkaan LPG.

Menurutnya, yang terjadi hanyalah terkendala di pendistribusian dari kapal ke Berau, yang disebabkan faktor alam atau cuaca.

Sedangkan terkait harga untuk distribusi atau penjualan di masing-masing kecamatan, disesuaikan dengan SK Bupati.

 

 

Sementara, salah satu admin yang melayani penjualan tabung gas untuk Tanjung Redeb, Hartina menerangkan, LPG 3 kg yang dijual kepada masyarakat di Tanjung Redeb, didistribusikan oleh agen PT Prima Karya Jaya.

Masyarakat hanya perlu membawa fotokopi KTP dan KK, dengan uang tunai Rp 25.000. Kemudian, setiap pemilik KTP hanya boleh dapat satu tabung.

"Soal KTP, tidak masalah kalau bukan warga Berau," ujarnya.

Terpisah, salah satu warga yang ikut mengantre LPG 3 kg, Surtinah mengaku beberapa hari kebelakang sulit untuk mendapatkan gas di toko sembako. Ia menyebut jika ada toko yang menjual gas LPG 3 kg dapat dipastikan harga yang dipatok cukup mahal.

"Kemarin di warung ada yang menjual dengan harga Rp 50-60 ribu," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: