Memasuki Musim Penghujan, Tips Jaga Pakaian Agar Tidak Lembab

Memasuki Musim Penghujan, Tips Jaga Pakaian Agar Tidak Lembab

Memasuki Musim Penghujan Tips Jaga Pakaian Agar Tidak Lembab-istimewa-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Musim hujan identik dengan cuaca lembab. Kondisi ini menyebabkan jamur mudah tumbuh pada beberapa tempat, termasuk pakaian.

Tidak bisa dipungkiri, mengeringkan baju tanpa mesin pengering pada musim hujan cukup menjadi tantangan karena minim sinar matahari. 

Padahal, tidak semua orang memiliki mesin pengering di rumah. Imbasnya, pakaian menjadi lembab sehingga berpotensi tumbuh jamur.

Profesor Mode dari Queensland University of Technology, Alice Payne mengatakan, langkah pertama mencegah jamur pada pakaian adalah tidak menyimpannya dalam kondisi basah maupun lembab.

Agar pakaian terhindar dari jamur, hindarilah menyimpannya dalam kantong plastik karena udara dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur. Hal ini juga berlaku untuk sepatu dan tas.

Disarankan untuk menyemprotkan produk anti jamur pada pakaian dan tas sebelum disimpan.

Penting juga untuk menghindari menyimpan pakaian dalam keadaan kotor, karena jamur dapat tumbuh dari kotoran dan noda makanan.

Sebaiknya gantung pakaian yang belum kering di tempat berudara dan hindari menumpuk baju kotor dan basah di tempat cuci.

Agar pakaian di lemari terhindar dari jamur, pastikan memberi cukup ruang di antara pakaian untuk memungkinkan aliran udara.

Hindari mengisi lemari terlalu penuh dan sebaiknya gantung pakaian di bawah sinar matahari saat cuaca cerah atau di luar ruangan untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

Alice Payne merekomendasikan mengeringkan pakaian basah dengan menggantungnya, tetapi perhatikan agar pakaian tidak dilipat atau terlalu rapat pada tali jemuran.

Disarankan menggunakan hanger atau gantungan yang memungkinkan pakaian terbuka secara menyeluruh dan pastikan memberi jarak yang cukup antara satu pakaian dengan yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: