Siap-siap, Pemprov Kaltim Bakal Gelar Operasi Pasar, Simak Jadwal dan Lokasinya!

Siap-siap, Pemprov Kaltim Bakal Gelar Operasi Pasar, Simak Jadwal dan Lokasinya!

Seorang warga membeli beras operasi pasar yang digelar oleh pemerintah.-(Antara)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) bakal menggelar operasi pasar untuk mengendalikan harga bahan pokok menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Pengendalian inflasi dan stabilisasi harga barang kebutuhan pokok oleh  Pemprov Kaltim bersama stakeholders terkait, akan dilaksanakan di Kota Samarinda dan Kota Balikpapan.

Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni mengatakan, Penjabat (Pj) Gubernur Akmal Malik telah berkoordinasi terkait kondisi inflasi di Kaltim yang saat ini berada di posisi kedua tertinggi di Indonesia.

Menurut Sekda Sri, kondisi ini menjadi atensi dan peringatan bagi Pemprov Kaltim bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) kabupaten dan kota se Kaltim.

“Beberapa waktu lalu, kami sudah melakukan rapat terkait upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk menekan inflasi menjelang Nataru ini. Kami bisa menggunakan dana BTT (Belanja Tidak Terduga) untuk melaksanakan intervensi dalam bentuk operasi pasar di dua kota,” kata Sri Wahyuni dalam rapat persiapan operasi pasar, di Ruang Tepian II Kantor Guberenur Kaltim, Selasa (19/12/2023).

Pelaksanaan operasi pasar, lanjut Sri, diharapkan bisa menjadi salah satu solusi menekan inflasi di Benua Etam, sebutan lain Kaltim.

“Kita berharap ada komitmennya, ada komunikasi atau pengkondisian dari para supplier untuk sama-sama pemerintah daerah menekan inflasi. Kita inginkan dari supplier ada masukan apa penyebab inflasi. Hal apa yang perlu diperhtikan untuk melakukan intervensi di luar oparasi pasar,” harapnya.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim Heni Purwaningsih melaporkan pelaksanaan operasi pasar di Samarinda dan Balikpapan sudah siap dilaksanakan.

Kegiatan ini didukung oleh Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Bulogg serta para distributor bahan kebutuhan pokok.

“Pelaksanaannya pada 22-23 Desember di Kota Samarinda. Dilanjutkan pada 29-30 Desember di Kota Balikpapan, khususnya di Pasar Pandan Sari dan Pasar Sepinggan,” jelas Heni.

Dalam rapat ini juga berlangsung dialog dan tanya jawab terkait penyebab inflasi, khususnya dari para distributor daging, bawang merah dan bawang putih bersama Kepala Bulog Kaltimtara, Amrullah.

Rapat persiapan operasi pasar dihadiri perangkat daerah terkait di lingkup Pemprov Kaltim, Pemkot Samarinda, pimpinan Bulog Kaltimtara, Bulog Balikpapan, Perwakilan Bank Indonesia, para supplier secara online maupun offline. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: