Presiden Jokowi: OKI Harus Bersatu Selesaikan Krisis di Gaza

Presiden Jokowi: OKI Harus Bersatu Selesaikan Krisis di Gaza

Presiden Joko Widodo bertemu Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, di sela-sela KTT Luar Biasa OKI yang digelar di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023).-(BPMI Setpres)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Presiden Joko Widodo mendorong Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk bersatu dan berada di garda terdepan dalam penyelesaian krisis di Gaza, Palestina.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi saat berbicara pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang digelar di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi.

KTT tersebut digelar sebagai tanggapan terhadap situasi krisis di Gaza, Palestina akibat agresi brutal Israel.

“OKI harus bersatu, harus berada di garis depan menggunakan semua cara damai, semua pengaruh, dan semua upaya diplomasi untuk bela keadilan dan kemanusiaan bagi Palestina,” ujar Jokowi, dikutip melalui laman resmi Presiden, Minggu (12/11/2023).

Sementara itu, di sela KTT Luar Biasa OKI, Jokowi juga sempat bertemu dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi kembali menegaskan komitmen teguh Indonesia untuk terus mendukung Palestina.

"Indonesia berkomitmen mendukung Palestina secara optimal dan konkret. Kekerasan harus segera dihentikan. Pemindahan paksa warga sipil harus diakhiri dan aturan kemanusiaan harus segera diberikan," kata Jokowi saat bertemu Mahmoud Abbas.

Jokowi mengaku sedih dengan kondisi kemanusiaan di Gaza yang makin memburuk. Kekejaman Israel serta intimidasi terhadap warga sipil Palestina merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional.

"Tindakan keji ini adalah pelanggaran serius terhadap hukum internasional dan nilai-nilai kemanusiaan," katanya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Abbas menyampaikan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang secara konsisten terus mendukung perjuangan bangsa Palestina.

Untuk itu, Presiden Palestina sangat menghargai dukungan tersebut. Selain itu, Presiden Palestina juga menyampaikan terima kasih atas bantuan kemanusiaan Indonesia untuk warga Palestina di Gaza.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: