Petani di Desa Jembayan Terima Bantuan Alsintan, Persiapan Hadapi IKN

Petani di Desa Jembayan Terima Bantuan Alsintan, Persiapan Hadapi IKN

Ilustrasi kawasan pertanian di Desa Jembayan.-(ist)-

Kukar, nomorsatukaltim – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus menjalankan komitmennya untuk menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Salah satu komitmen tersebut adalah dengan memberikan sarana dan prasarana (sapras) pertanian kepada para petani di Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kuku.

Sapras pertanian yang diberikan meliputi bibit, pupuk, alat dan mesin pertanian (alsintan), dan lain-lain.

Dengan adanya sapras ini, diharapkan para petani bisa mengelola lahan pertanian mereka dengan lebih maksimal dan meningkatkan hasil panen mereka.

“Kami sangat senang dengan bantuan ini. Bantuan ini sangat membantu kami dalam menanam padi, cabai, sayur mayur, dan buah-buahan,” kata Sekretaris Desa Jembayan, Jamli, Selasa (24/10/2023).

Jamli menyebutkan bahwa Desa Jembayan memiliki lahan pertanian seluas 300 hektare yang terdiri dari sawah dan kebun sayur. Lahan ini digunakan oleh sekitar 500 kepala keluarga yang sebagian besar adalah petani.

Selain mendapat bantuan sapras dari Pemkab Kukar, para petani di Desa Jembayan juga mendapat dukungan dari Pemerintah Desa (Pemdes) setempat. 

Pemdes Desa Jembayan bekerja sama dengan Balai Penyuluhan Pertanian di Kecamatan Loa Kuku untuk memberikan pelatihan peningkatan keterampilan bagi para petani.

“Kami mengadakan pelatihan tanam cabai, padi, dan sayur mayur sesuai dengan keinginan petani. Kami memfasilitasi pelatihan ini dengan menggunakan anggaran desa,” kata Jamli.

Jamli mengharapkan bahwa dengan adanya bantuan dan dukungan ini, para petani di Desa Jembayan bisa berperan dalam menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan di Kaltim dan IKN. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: