Pantai Tanah Merah Paling Subur Sumbang PAD Kukar dari Sektor Pariwisata

Pantai Tanah Merah Paling Subur Sumbang PAD Kukar dari Sektor Pariwisata

Pantai Tanah Merah di Samboja, Kutai Kartanegara salah satu objek wisata yang subur kasih pendapatan daerah. -(ist)-diskominfo kukar


--

Kukar, nomorsatukaltim - Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki lima objek wisata yang menjadi andalan dalam menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Objek wisata tersebut adalah Pulau Kumala, Kolam Pemancingan, Pantai Tanah Merah, dan Planetarium.

Muhammas Ridha Fatrianta, kepala Bidang Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dispar Kukar, menyampaikan bahwa Pantai Tanah Merah adalah objek wisata yang paling subur dalam menyumbang PAD Kukar.

“Sektor pariwisata ini memberikan sumbangsih untuk PAD Kukar, meskipun jumlahnya belum besar,” ujar Ridha, Senin (23/10/2023).

Ridha juga mengatakan bahwa objek wisata yang dikelola oleh swasta juga memberikan kontribusi pajak untuk PAD Kukar. Namun, pajak tersebut masuk ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kukar.

“Kami juga berterima kasih kepada pengelola wisata swasta yang turut andil dalam meningkatkan PAD Kukar,” tuturnya.

Dispar Kukar berencana untuk melakukan pembenahan dan renovasi fasilitas di sejumlah objek wisata. Ridha mengatakan bahwa dengan menggunakan APBD-P 2023, Dispar Kukar akan memperbaiki fasilitas di objek wisata yang dikelolanya.

“Selain itu, kami juga akan mencoba untuk memfasilitasi pengelola wisata swasta untuk membuat aplikasi pembayaran parkir online, agar pendapatannya masuk ke kas daerah,” tutup Ridha. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo kukar