Kecamatan Samboja Barat Perisapan Sambut IKN, Fokus Perbaiki SDM dan Komoditi Pertanian

Kecamatan Samboja Barat Perisapan Sambut IKN, Fokus Perbaiki SDM dan Komoditi Pertanian

Camat Samboja Barat, Baharuddin.-(ist)-

Kukar, nomorsatukaltim – Kecamatan Samboja Barat—kecamatan terbaru di Kukar, terus berupaya mempersiapkan diri menyambut perpindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) ke Kalimantan Timur. 

Kecamatan ini mengutamakan pembangunan SDM dan pertanian agar bisa menjadi lumbung pangan bagi IKN dan meningkatkan kompetensi pemuda lokal. 

Camat Samboja Barat, Burhanuddin, menyampaikan bahwa ia sering berkoordinasi dengan Direktur Ketahanan Pangan Otorita IKN untuk membahas masalah-masalah terkait pengembangan pertanian di wilayahnya. 

“Kami terus mempersiapkan warga kami yang ada di Gapoktan ini agar bisa berkembang,” kata Burhanuddin, Kamis (19/10/2023). 

Burhanuddin juga menampilkan beberapa potensi pertanian di Samboja Barat yang mampu menjadi komoditi unggulan. Seperti mentimun yang dikembangkan di PPU yang bisa menghasilkan Rp 100 juta per bulan.

Atau Kampung Lengkeng yang sudah memenuhi permintaan buah lengkeng dari Balikpapan, dan hidroponik estate yang menerapkan teknologi modern. 

Selain itu, Samboja Barat juga menjalin kerja sama dengan BRIDA Kukar yang telah melakukan penelitian sosial ekonomi di bidang perkebunan, pertanian, dan kelautan. 

“Kami ingin membantu pengembangan pertanian secara luas. Namun kami masih menghadapi kendala di SDM yang terbatas,” ungkap Burhanuddin. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: