Akmal Malik: Berkah IKN, Presiden Memberi Perhatian Luar Biasa ke Kaltim

Akmal Malik: Berkah IKN, Presiden Memberi Perhatian Luar Biasa ke Kaltim

Presiden Joko Widodo disambut Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik dan sejumlah pejabat saat tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, pada Selasa (31/10/2023) sore.-(Disway/ Istimewa)-IG Pemprov Kaltim

NOMORSATUKALTIM  - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik mengatakan, Ibu Kota Nusantara (IKN) membawa berkah bagi Benua Etam. Salah satu dampak nyata adalah perhatian luar biasa Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap Kaltim.

"Kita harus berbahagia karena Presiden Joko Widodo memberikan perhatian luar biasa kepada Kalimantan Timur. Ini berkah dari IKN,"  kata Akmal usai menyambut kedatangan Presiden dan rombongan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Selasa (31/10/2023).

Bahkan, kata Akmal, Jokowi berencana hadiri Festival Dahau di Alun-Alun Itho Barong Tongkok, Kutai Barat pada Jumat pekan ini.

Lanjut Akmal, sudah semestinya masyarakat Kaltim mendukung proyek IKN sebagai balasan terhadap perhatian luar biasa dari Presiden.

Dukungan menurutnya bisa diberikan sesuai tugas dan fungsi masing-masing. Termasuk dukungan penuh dari Pemprov Kaltim dan seluruh pemerintah kabupaten dan kota se Kaltim.

"Makanya kita sebagai orang Kaltim harus lebih besar juga perhatiannya untuk IKN," harap Akmal.

Sebagai Pj Gubernur Kaltim, Akmal sendiri menyatakan komitmennya untuk mengoptimalkan kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemprov Kaltim dalam mendukung IKN.

"Program-program OPD provinsi dan kabupaten kota harus dikerahkan untuk mendukung IKN. Perhatian Presiden untuk Kaltim sudah luar biasa. Maka seharusnya kita balas juga dengan perhatian yang luar biasa untuk IKN," seru Akmal lagi.

Khusus kepada para aparatur sipil negara, Akmal mengajak semua bekerja lebih giat lagi untuk kemakmuran rakyat.

Dijelaskan Akmal, kerja IKN sudah menjadi otoritas pusat, sementara tugas daerah yakni memperkuat kawasan penyangga IKN.

"Daerah penyangga ini akan berkontribusi terhadap IKN. Kita harus berkolaborasi, karena kita semua akan menjadi mitra IKN. Semua akan menjadi mitra IKN, hanya soal jauh dekatnya saja. Pada saatnya kita semua akan menjadi mitra terdekat IKN," tegas Akmal Malik yang juga masih dipercaya menjabat Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu.

Akmal menegaskan, semua OPD di provinsi maupun kabupaten/ kota untuk harus menyusun program-program yang bersinergi dan selaras dengan program pembangunan IKN.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: