Balikpapan Buka Peluang Kerjasama dengan Pemerintah Yokohama

Balikpapan Buka Peluang Kerjasama dengan Pemerintah Yokohama

Kunjungan delegasi pemerintah Yokohama ke Balikpapan.--dok. Pemkot

NOMORSATUKALTIM – Delegasi Yokohama mengunjungi Balikpapan dan berkesempatan bertemu Wali Kota Rahmad Mas'ud. Rahmad mengatakan, nantinya pihak Yokohama akan digandeng untuk menata Balikpapan di seluruh sektor.

Rahmad bilang, Yokohama memiliki peluang mendesain penataan Balikpapan. Terlebih ada kemiripan antara Yokohama dan Balikpapan. Menurutnya, Yokohama berada di arah selatan dan dekat Tokyo, ibu kota Jepang. Hal ini serupa dengan Balikpapan yang dekat dengan IKN di sisi utara.

"Karena lokasinya terdekat dengan ibu kota, Yokohama menjadi kota penyangga Tokyo. Serupa dengan Balikpapan sebagai penyangga IKN. Karena kesamaan ini, jadi kami coba kolaborasi dan sinergi. Kami menginginkan Balikpapan tertata baik. Jangan sampai nanti penduduk banyak, baru mau menata,” ujar Rahmad, belum lama ini.

Yokohama memiliki total penduduk 3 juta jiwa dan termasuk kota padat di Jepang.

Sebelumnya Bappenas pernah mengarahkan Pemkot Balikpapan untuk melakukan penataan ruang di kota ini. Pemerintah Kota Balikpapan menunggu masukan, saran, dan kerja sama dengan Yokohama.

“Mereka akan mendesain Balikpapan menjadi kota terbaik, maju, dan modern di Tanah Air," papar Rahmad. Kunjungan di beberapa lokasi sebelumnya, menurutnya adalah awal atau penelitian sebelum nanti mereka mendesain penataan.

Rahmad Mas'ud menambahkan, penataan akan dilakukan di seluruh sektor. Dari industri, perdagangan, transportasi dan lainnya. Yokohama akan mendesain Balikpapan bukan hanya menjadi kota penyangga iKN, melainkan sebagai daerah sentral, baik masuk dan keluar. Atau penghubung menuju IKN.

Apalagi infrastruktur di Balikpapan lebih siap dibanding dari daerah lain untuk menjadi kota penyangga IKN. Semisal bandara dan pelabuhan internasional dan kultur budaya masyarakat yang beragam.

Selain itu security safety pun terjamin karena kantor Polda Kaltim dan Kodam VI Mulawarman berada di Balikpapan.

"Semua sudah lengkap. Tinggal kita menyampaikan ke masyarakat untuk bersama membangun dan menjaga kota,” terangnya.

Pemerintah Kota Yokohama, Jepang bersama Japan International Cooperation Agency (JICA) berkunjung ke Kota Balikpapan dan melaksanakan sejumlah kegiatan di Kota Beriman. Salah satunya bekerjasama dengan Bappeda Litbang Kota Balikpapan menggelar Knowledge Workshop Seminar JICA - Kota Yokohama, Senin (23/10/2023) di Aula Bappeda Litbang Kota Balikpapan.

Pada kegiatan hadir perwakilan dari Bappenas, serta Asisten Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakot, Andi Yusri. Dibuka oleh Kepala Bappeda Litbang, Murni. Hadir para perwakilan dari Kota Yokohama dan JICA.

Pemerintah Yokohama dan JICA telah mengunjungi beberapa lokasi di Balikpapan pada 22 dan 23 Oktober lalu. Mereka berkunjung ke Bandara SAMS Balikpapan, TPA Manggar, Grand City, IPAL Komunal di Pasar Pandansari, Jalan MT Haryono, Pelabuhan Semayang, dan kawasan Balikpapan Super Block.

Kunjungan dilakukan untuk menggali data dan informasi yang dibutuhkan tim Yokohama dan JICA untuk memperdalam kerjasama. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo balikpapan