HUT Ke-70 Berau Dirayakan dengan Kuliner Khas Suku Bajau di Pulau Derawan

HUT Ke-70 Berau Dirayakan dengan Kuliner Khas Suku Bajau di Pulau Derawan

Bupati Berau Sri Juniarsih memberikan hadiah kepada pemenang lomba kuliner khas Suku Bajau.-Disway Kaltim-

Berau, nomorsatukaltim- Perayaan hari jadi ke-70 Kabupaten Berau, di Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan, pekan lalu, diwarnai rengrengan kuliner khas Suku Bajau dan lomba tari dalling kreasi.

Bupati Berau Sri Juniarsih yang juga hadir pada perayaan itu mengatakan, perlombaan yang digelar merupakan upaya bersama menjaga dan melestarikan makanan atau budaya daerah, yang sudah semestinya diketahui oleh generasi muda maupun pendatang di Berau.

Untuk itu, lanjutnya, promosi yang masif perlu dilakukan. Agar semakin menarik minat masyarakat.

"Saya pun berharap kuliner dan tarian khas (Bajau, Red) ini selanjutnya dapat terus dikembangkan, sebagai salah satu jenis usaha yang memberikan keuntungan dan kesejahteraan bagi masyarakat," kata Sri Juniarsih.

Dirinya juga berpesan agar lebih kreatif dan inovatif dalam mengkreasikan olahan makanan maupun tarian khas daerah. Dengan tidak meninggalkan keasliannya.

"Kita buat semenarik mungkin, sehingga diminati masyarakat maupun wisatawan," ujar Sri.

Dia juga mendorong peran aktif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk terus mendampingi dan memberdayakan masyarakat, dalam mengembangkan kuliner dan tarian khas. Agar jangan sampai punah tergerus zaman.

Selain itu, Bupati juga meminta kebudayaan khas Bajau seperti mag jamu dan mag lami- Lami, terus dipromosikan. Agar terus lestari dan semakin dikenal oleh masyarakat luas. 

"Artinya, kita jangan sampai hanya berhenti pada momentum perlombaan. Namun penting untuk merumuskan strategi promosi, agar budaya ini tetap eksis di tengah gempuran inovasi makanan dan tarian yang semakin beragam, baik dari dalam maupun luar negeri," ujarnya. (*)

Reporter: Sahruddin 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: