Megawati Dipastikan Tak Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Ketua MPR RI Sampaikan Alasannya

Sabtu 19-10-2024,14:05 WIB
Reporter : Tri Romadhani
Editor : Tri Romadhani

NOMORSATUKALTIM - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Ahmad Muzani, telah memastikan bahwa Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sekaligus Presiden kelima RI, tidak akan hadir dalam acara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Meskipun undangan resmi telah dikirimkan, dan bahkan telah diterima oleh pihak Megawati, ia tidak dapat menghadiri acara penting tersebut.

Ahmad Muzani menjelaskan bahwa undangan pelantikan tersebut sudah disampaikan secara formal kepada Megawati dan diterima oleh stafnya.

"Undangan untuk presiden kelima ibu Megawati sudah kami sampaikan, dan dari tanda terima kami sudah sampai ke alamat beliau," kata Ahmad Muzani, Sabtu, 19 Oktober 2024.

BACA JUGA : Perkara Sidang Sengketa Pilkada Kukar di PTTUN Banjarmasin, Ini Penjelasan Lengkap Tim Ahli

Namun, karena berbagai alasan pribadi, Megawati memutuskan untuk tidak hadir pada momen bersejarah tersebut.

Menurut Ahmad Muzani, alasan ketidakhadiran Megawati berkaitan dengan kesehatannya. Dia baru saja kembali dari perjalanan panjang ke Uzbekistan.

Perjalanan ini merupakan bagian dari napak tilas sejarah yang berhubungan dengan perjalanan Bung Karno, ayahnya.

Saat itu, Bung Karno melakukan perjalanan ke Uzbekistan untuk membuka makam Imam Bukhari serta mengunjungi Masjid Biru di Kota Saint Petersburg, Rusia.

BACA JUGA : KPU Mahulu Siap Fasilitasi Warga Pindah Memilih di Pilkada 2024, Cek Detailnya!

Karena panjangnya perjalanan dan kegiatan yang cukup intens, kondisi kesehatan Megawati menurun, dan ia mengalami flu.

Muzani menambahkan bahwa Megawati merasa perlu untuk beristirahat agar segera pulih.

"Perjalanan yang panjang dan kegiatan di Uzbekistan membuat ibu Megawati mengalami flu dan merasa kurang fit. Karena itu, dengan sangat menyesal, beliau memutuskan untuk tidak hadir dan beristirahat," kata Ahmad Muzani.

Meskipun Megawati tidak bisa hadir secara langsung, ia telah memberikan instruksi tegas kepada seluruh anggota Fraksi PDIP agar menghadiri pelantikan tersebut tanpa kecuali.

BACA JUGA : Beri Rasa Aman, DPRD Ingatkan Pemkab Paser Perhatikan Wilayah Perbatasan Kaltim-Kalsel

Kategori :