4 Pejabat Kalsel Ditangkap KPK melalui OTT, Uang Rp10 Miliar Disita sebagai Barang Bukti

Selasa 08-10-2024,11:19 WIB
Reporter : Hariadi
Editor : Hariadi

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menangkap 4 pejabat dalam operasi tangkap tangan (OTT) terkait dugaan tindak pidana korupsi di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel).

Selain 4 pejabat tersebut, KPK juga mengamankan 2 orang dari pihak swasta dalam OTT yang berlangsung  pada Minggu (6/10/2024). 

Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika, mengonfirmasi penangkapan tersebut dan menyebut saat ini KPK masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap para pihak yang terjaring dalam OTT ini. 

"Pihak swasta ada 2 orang, penyelenggara negaranya ada 4 orang," kata Tessa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, dikutip dari Antara, Selasa (8/10/2024).

BACA JUGA: BI Laporkan Cadangan Devisa RI 149,9 Miliar Dolar AS di Bulan September

BACA JUGA: Bupati Mahulu Minta Masyarakat Dukung Programnya, Termasuk Urusan Pilkada 2024

Meski demikian, Tessa belum bisa memberikan informasi lebih lanjut terkait identitas keenam orang yang diamankan dan peran mereka dalam perkara tersebut. 

"Untuk kegiatan tangkap tangan ini, umumnya berkaitan dengan suap menyuap," tambahnya.

Uang Rp10 Miliar Disita

Dalam OTT tersebut, tim penyidik KPK juga menyita uang tunai sebesar Rp10 miliar yang diduga kuat sebagai uang suap. 

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, mengungkapkan bahwa uang tersebut diduga terkait dengan suap dalam proyek pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

BACA JUGA: Pembangunan Infrastruktur IKN Belum Sentuh Samboja

BACA JUGA: DLH Balikpapan Cabut 50 TPS di Pinggir Jalan, Diganti Pakai Kontainer

"Kami mengamankan lebih dari Rp10 miliar, dan saat ini masih dalam proses penghitungan," ujar Ghufron.

Namun, hingga kini pihak KPK belum mengungkap proyek pengadaan barang dan jasa apa yang menjadi objek penyidikan dalam operasi tangkap tangan ini. 

Lazim Korupsi Pengadaan Barang dan Jasa

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, juga mengonfirmasi bahwa OTT kali ini berhubungan dengan praktik suap dalam pengadaan barang dan jasa. 

Kategori :