Pembangunan Infrastruktur IKN Belum Sentuh Samboja

Pembangunan Infrastruktur IKN Belum Sentuh Samboja

Kantor Camat Samboja.--

KUKAR, NOMORSATUKALTIM - Kecamatan Samboja, yang termasuk dalam wilayah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, hingga kini belum mendapatkan sentuhan pembangunan infrastruktur yang signifikan dari pihak Otorita. Hal ini diungkapkan oleh Camat Samboja, Damsik.

Ia menyebut bahwa meskipun Samboja memiliki peran strategis sebagai salah satu wilayah delineasi IKN, hingga saat ini pembangunan di wilayahnya belum dimulai.

“Samboja berada di Wilayah Perencanaan (WP) 7 dan WP 8 dalam masterplan IKN. Peruntukannya meliputi area permukiman, pariwisata, dan beberapa sektor lain. Namun hingga saat ini, tidak ada infrastruktur yang dibangun di Samboja,” ujar Damsik saat diwawancara media ini pada Senin (7/10/2024).

BACA JUGA:Presiden Joko Widodo akan Kembali Lakukan Groundbreaking di IKN dalam Waku Dekat

BACA JUGA:Sehari, Pemasukan Kedai Kopi di Rest Area IKN Nusantara Tembus Rp 1,5 Juta

Menurut Damsik, meski pihaknya telah mendapatkan gambaran umum mengenai tata ruang yang diperuntukkan, pihak kecamatan belum menerima dokumen resmi yang menetapkan tata ruang tersebut.

Damsik menjelaskan bahwa saat ini, Otorita IKN masih fokus pada pembangunan di wilayah inti, tepatnya di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara.

“Tata ruang untuk Samboja sudah diperlihatkan, namun belum ada dokumen resmi yang diterima. Proses ini mungkin masih akan terus berlangsung, terutama dengan adanya perubahan regulasi terkait pembangunan IKN,” tambahnya.

BACA JUGA:Begini Penampakan Asrama Training Center PSSI di IKN

BACA JUGA:Jokowi Tegaskan IKN Adalah Keputusan Seluruh Rakyat

Meski belum ada langkah konkret dari Otorita IKN, pemerintah Kecamatan Samboja tetap melakukan persiapan di bidang infrastruktur.

Salah satu langkah yang telah diambil adalah rehabilitasi kantor camat dan beberapa fasilitas pelayanan publik. Langkah ini diambil sebagai antisipasi apabila Samboja nantinya menjadi bagian dari pengelolaan Otorita IKN.

“Kami sudah memulai rehabilitasi besar pada kantor camat dan sejumlah fasilitas lain sebagai langkah antisipasi."

BACA JUGA:Konsorsium Nusantara Sukses Bangun Hotel Nusantara di IKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: