Sangatta Utara Membara, Sejumlah Bangunan Ludes Termasuk Gedung SMK Islam Nurul Hikmah

Kamis 03-10-2024,09:01 WIB
Reporter : Hariadi
Editor : Hariadi

SANGATTA, NOMORSATUKALTIM — Kebakaran hebat melanda kawasan pemukiman di Jalan Yos Sudarso III, Gang Rahmat, Kelurahan Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara, Kutai Timur, pada Kamis dini hari (3/10/2024). 

Dalam insiden tersebut, sejumlah bangunan termasuk gedung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam Nurul Hikmah, ludes terbakar. 

Menurut informasi yang dihimpun dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kutai Timur, kebakaran terjadi sekitar pukul 02.00 WITA dan berhasil dipadamkan setelah tiga jam upaya pemadaman.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Kutai Timur, Failu menjelaskan bahwa api diduga muncul dari gedung SMK Islam Nurul Hikmah. 

BACA JUGA: Bawaslu Mahulu Siapkan Posko Pengaduan di 50 Kampung, jika Merasa Diintimidasi Bisa Melapor

BACA JUGA: Oknum Wartawan Berau Tertangkap Nyambi Jadi Pengedar Sabu

"Informasinya, api berawal dari Sekolah Nurul Hikmah," ujarnya kepada wartawan. 

Dugaan awal, api berasal dari korsleting listrik. Namun penyelidikan lebih lanjut masih dilakukan oleh pihak kepolisian.

Menurut laporan PMI Kutai Timur, kebakaran ini tidak hanya menghancurkan gedung sekolah, tetapi juga menghanguskan sebuah barakan tiga pintu dan tiga unit ruko. 

Api dengan cepat menyebar karena bangunan di sekitar lokasi terbuat dari bahan yang mudah terbakar, dan lokasi kejadian berada di kawasan padat penduduk. 

BACA JUGA: Gas Bocor, Outlet Kebab di Tenggarong Hangus Terbakar

BACA JUGA: Tenggelam, Bocah di Sebulu Ditemukan Tewas Setelah 4 Jam Pencarian

Selain itu, sempitnya Gang Rahmat menyulitkan mobil pemadam kebakaran untuk masuk, sehingga petugas harus menarik sambungan selang dari jalan utama, Jalan Yos Sudarso.

Kebakaran ini berdampak pada 8 kepala keluarga dengan total 17 jiwa yang terkena dampaknya. 

Tim PMI segera melakukan layanan pertolongan pertama, sementara seorang petugas pemadam kebakaran mengalami luka robek di tangan bawah selama proses pemadaman.

Kategori :