Progres Pembangunan IKN Diklaim Signifikan, Otorita Optimis Rampung Paling Cepat Oktober 2024

Kamis 12-09-2024,20:23 WIB
Reporter : Chandra
Editor : Didik Eri Sukianto

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini Istana Negara sudah selesai 100 persen, sementara gedung-gedung perkantoran dan infrastruktur pendukung lainnya berada pada tahap akhir penyelesaian, dengan progres yang mencapai 80 hingga 90 persen. 

BACA JUGA: Lampaui Target dan Rencana, Progres Pembangunan IKN Sangat Positif

"Palingan kan Istana Negara sudah 100 persen, yang lain-lain sendiri, seperti gedung-gedung perkantoran, pada dasarnya semua sudah hampir selesai, ya. Semua sudah di kisaran 80-90 persen, karena memang secara kontrak mereka bicara selesai Oktober-November 2024," jelas Silvia. 

Ia juga menambahkan bahwa sebagian besar bangunan yang difungsikan pada HUT RI pada 17 Agustus lalu bersifat sementara dan penyelesaian penuh ditargetkan rampung pada Oktober-November 2024.

Terkait dengan kegiatan groundbreaking selanjutnya, Silvia menjelaskan bahwa proses pembangunan IKN masih akan terus berjalan dengan penanda peletakan batu pertama (groundbreaking) yang dilakukan secara berkala. 

"Pembangunan akan terus berjalan, dan groundbreaking pasti ada, menandakan mulainya pembangunan, kan. Jadi itu kan terus ada," kata Silvia. 

BACA JUGA: Mundur Lagi Pemindahan ASN ke IKN, Menpan RB Ungkap Penyebabnya

Ia juga menyoroti bahwa acara groundbreaking yang sudah dilakukan sebanyak tujuh kali kemarin, merupakan bentuk transparansi kepada publik, serta upaya untuk meningkatkan kepercayaan investor terhadap proyek IKN ini.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa ada banyak minat dari sektor swasta yang ingin terlibat dalam pembangunan di IKN, termasuk rencana pembangunan hotel, restoran, dan sekolah. 

"Saat ini, banyak yang sedang berdiskusi dengan kami soal pembangunan. Ada yang mau bangun restoran, hotel lagi, sekolah, tiap minggu ada saja, dan kita jalankan saja prosesnya," jelasnya. 

BACA JUGA: Keterangan Lengkap Saksi Ahli: Kasus Mutasi 'AFF Sembiring vs Akmal Malik’

Groundbreaking yang akan datang, menurutnya, tetap dapat dirayakan jika diperlukan, meskipun tanpa perayaan pun pembangunan tetap akan terus berjalan sesuai rencana.

“Dengan adanya dukungan yang konsisten dari berbagai pihak, pembangunan IKN Nusantara terus bergerak maju, memperkuat optimisme bahwa proyek ini akan selesai sesuai target waktu yang telah ditetapkan,” tandas Silvia.

Disisi lain, salah seorang anggota Komisi 5 Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), Roberth Rouw, mengapresiasi bahwa progres pembangunan infrastruktur di wilayah IKN ini terbilang sangat cepat.

“Salah satu pencapaian yaitu pada terwujudnya HUT RI ke-17 kemarin di Istana Negara disini (IKN),” tutur Roberth.

Selain itu, Ia juga meminta kepada pemerintahan yang akan datang untuk melanjutkan pembangunan sesuai dengan perencanaan yang baik.

Kategori :