Lomba Bakat Siswa PAUD Kukar 2024 Digelar, Stimulus Kreativitas Anak Usia Dini

Rabu 11-09-2024,16:52 WIB
Reporter : Ari Rachiem
Editor : Tri Romadhani

Terpisah, salah satu Guru PAUD, Primasari Asa Pratiwi dari TK Mentari Loa Janan menyatakan kegembiraannya atas penyelenggaraan lomba ini.

Menurutnya, kegiatan semacam ini sangat penting untuk mendukung perkembangan anak-anak di usia dini, terutama dalam hal keberanian, kreativitas, dan kemandirian.

"Saya menyambut baik dan sangat senang dengan adanya Apresiasi Bakat PAUD ini. Kegiatan ini memberikan banyak manfaat, tidak hanya bagi anak-anak, tapi juga bagi kami sebagai pendidik. Melalui lomba bercerita, misalnya, anak-anak belajar untuk tampil di depan umum, melatih keberanian dan percaya diri mereka. Ini sangat penting dalam proses pembelajaran anak usia dini," ungkapnya kepada Nomorsatukaltim.

BACA JUGA : 2.300 PPPK Baru Resmi Dilantik, Pemkab Kukar Umumkan Formasi Seleksi PPPK Tahun Ini

BACA JUGA : Kasatlantas Polres Kukar Dukung Peningkatan Sistem Transportasi

Perempuan yang juga menjabat sebagai Sekretaris IGTKI Kecamatan Loa Janan ini juga menekankan bahwa berbagai lomba seperti menyanyi, menggambar, dan senam sangat bermanfaat untuk mengasah berbagai aspek perkembangan anak.

Lomba menggambar menurutnya dapat membantu anak dalam mengembangkan imajinasi, motorik halus, dan keterampilan visual.

Sementara itu, lomba senam dan menyanyi lagu daerah juga berperan dalam meningkatkan kebugaran fisik serta memperkenalkan anak pada budaya lokal.

"Setiap aspek lomba yang dilaksanakan ini memberikan stimulus berbeda bagi perkembangan anak. Misalnya, lomba bercerita dapat membantu meningkatkan literasi, sementara lomba senam lebih menekankan pada perkembangan fisik dan motorik anak. Saya berharap kegiatan semacam ini dapat terus berlanjut di masa mendatang karena sangat bermanfaat bagi perkembangan anak-anak," pungkasnya.

BACA JUGA : Pemkab Kutai Kartanegara Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024

Kategori :