Bupati Ingin Pemkab dan Suku Dayak Lepoq Beriringan Jaga Pertumbuhan Sosial Budaya

Selasa 09-07-2024,20:17 WIB
Reporter : Sahruddin
Editor : Baharunsyah

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas membuka kegiatan Musyawarah Besar (Mubes) ke V dan Pagelaran Seni Budaya Peqenoq Tawai Dayak Kenyah Lepoq, Jalan Kalimantan Timur-Kalimantan Utara Tahun 2024. Agenda dilaksanakan di halaman Balai Adat Palencau Apui, Kampung Tepian Buah, Kecamatan Segah.

"Mubes adalah forum tertinggi dalam organisasi, saya harapkan dapat berjalan sebagaimana mestinya. Kami bersyukur Kampung Tepian Buah dipilih menjadi tuan rumah pelaksanaan mubes pada hari ini," ujar bupati, Selasa (9/7/2024).

Dikatakannya, Suku Dayak adalah salah satu suku asli terbesar di Kabupaten Berau yang memiliki kekayaan budaya yang sangat luar biasa. Yang mana, pada kegiatan ini, dihadiri seluruh tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh budaya di wilayah Kaltim-Kaltara. 

"Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pagelaran seni budaya yang tentunya dapat mendatangkan kegembiraan bagi masyarakat," ucapnya.

Terbentuknya Perkumpulan Suku Dayak Kenyah Lepoq Jalan dapat menguatkan persaudaraan sekaligus difungsikan sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang sangat berperan dalam mengembangkan sektor pendidikan, kesehatan dan kebudayaan dalam masyarakat.

"Saya berharap adanya organisasi ini dapat lebih meningkatkan semangat dalam merawat adat budaya agar terus lestari dan bermanfaat bagi generasi di masa yang akan datang," bebernya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau memiliki perhatian besar dalam aspek kebudayaan melalui pembangunan program pusat seni budaya termasuk revitalisasi bangunan bersejarah, termasuk pembangunan Balai Adat Palencau Apui yang pada hari ini diresmikan.

"Saya harap balai adat ini dapat memberikan manfaat dalam pelaksanaan serta pembinaan kebudayaan bagi masyarakat," tuturnya.

Kemudian, pihaknya juga memberikan dukungan moril dan materil kepada pihak penyelenggara sebagai wujud dukungan Pemkab Berau terhadap eksistensi budaya sehingga selalu diminati.

Dirinya berharap, ketua dan pengurus yang kelak terpilih serta segenap masyarakat Dayak Kenyah Lepoq Jalan di Kabupaten Berau dapat terus berjalan beriringan bersama pemerintah daerah dalam menjaga pertumbuhan sosial budaya, serta menjunjung tinggi persatuan dan kedamaian di Bumi Batiwakkal.

"Semoga mubes ini dapat berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya.

 

Kategori :