Verdonk Belum Bisa Dimainkan Lawan Irak, Bagaimana dengan Idzes?

Kamis 06-06-2024,10:30 WIB
Reporter : Hariyadi
Editor : Hariyadi

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Timnas Indonesia sedang bersiap untuk pertandingan krusial melawan Irak dalam babak kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Pertandingan yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) ini sangat dinantikan oleh para pencinta sepak bola tanah air. 

Namun, pelatih Shin Tae-yong (STY) memberikan kabar terbaru terkait kehadiran pemain anyar Calvin Verdonk dan Jay Idzes.

Calvin Verdonk, pemain belakang yang baru saja memperoleh kewarganegaraan Indonesia pada Selasa, 4 Juni 2024, dipastikan belum bisa memperkuat timnas dalam laga melawan Irak.

BACA JUGA: Pelatih Bola Lokal Ini Setuju Timnas Indonesia Didominasi Pemain Lokal 

STY menjelaskan bahwa Verdonk baru bisa didaftarkan untuk pertandingan melawan Filipina pada 11 Juni mendatang.

"Tidak bisa dimainkan. Verdonk bisa didaftarkan untuk pertandingan tanggal 11," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Proses peralihan asosiasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI sudah mendapat persetujuan dari FIFA. PSSI pun langsung mengirimkan surat persetujuan tersebut ke Federasi Sepakbola Asia (AFC). Dengan pengesahan FIFA dan AFC, legalitas Verdonk untuk merumput bersama Timnas Indonesia sudah kuat secara hukum.

BACA JUGA: Kritik Coach Justin ke Marselino Ferdinan: Berbakat Tapi Bengal

Peluang Jay Idzes

Sementara itu, Jay Idzes masih memiliki kemungkinan untuk tampil dalam laga melawan Irak. STY menyebutkan bahwa peluang Idzes untuk bergabung dalam pertandingan tersebut masih terbuka, meskipun belum ada kepastian final.

Pertandingan melawan Irak dijadwalkan pada Kamis, 6 Juni 2024 pukul 16.00 Wita, di SUGBK. Kemenangan dalam laga ini sangat penting bagi Indonesia untuk mengamankan posisi di putaran ketiga kualifikasi sekaligus tiket menuju Piala Asia 2027.

Saat ini, Indonesia menduduki peringkat dua Grup F dengan koleksi 7 poin. Irak berada di puncak klasemen dengan 12 poin, Vietnam di posisi tiga dengan 3 poin, dan Filipina di juru kunci dengan 1 poin. Satu kemenangan dari salah satu laga mendatang akan sangat berarti bagi timnas Indonesia.

BACA JUGA: Tergiur Upah Rp15 Juta, Ibu Muda ini Tega Cabuli Putranya Sendiri

Siap untuk Laga Melawan Filipina

Kategori :