Nelayan Balikpapan Dapat Bantuan Paket Gemarikan dari KKP

Nelayan Balikpapan Dapat Bantuan Paket Gemarikan dari KKP

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Pandemi COVID-19 berdampak terhadap semua sektor, termasuk kelautan dan perikanan. Untuk membantu masyarakat di sektor ini, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama mitra kerja Komisi IV DPR-RI menggelar perluasan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). 

KKP memberikan bantuan paket Gemarikan berupa olahan berbahan baku ikan kepada masyarakat Balikpapan, Jumat (19/6).  Kegiatan perluasan Gemarikan juga dilaksanakan di 110 lokasi yang tersebar di 21 provinsi pada periode Juni – Oktober 2020.

Penyerahan dan pendistribusian paket Gemarikan dilaksanakan dengan memperhatikan dan menerapkan  protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong peningkatan konsumsi ikan masyarakat, menurunkan pravelensi stunting dan sekaligus bermanfaat membantu penanganan dampak pandemi,” kata Bagus Susetyo, Sekretaris Komisi II Bidang Pertanian, Perikanan Kelautan, Pendapatan dan Keuangan Daerah  DPRD Kalimantan Timur.

Ia menyerahkan paket bantuan bersama para pejabat Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimatan Timur, Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan serta Direktorat Kemitraan Publik, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, KKP.

Paket sebanyak 500 buah berisi masker kain, dan produk perikanan yang terdiri dari: siomay ikan rumput laut, bakso ikan beku, sambal ikan/kepiting, amplang ikan, stick cumi dan baby fish. Produk perikanan untuk paket Gemarikan merupakan produk olahan ikan yang dihasikan oleh UMKM setempat dengan harapan dapat membantu kelangsungan usaha mereka pada situasi pandemi. (fey/yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: