Sudah Beli Tiket? Segera Refund, Lion Air Group Tak Layani Penerbangan Komersil

Sudah Beli Tiket? Segera Refund, Lion Air Group Tak Layani Penerbangan Komersil

Maskapai Batik Air di APT Pranoto Samarinda. (dok)

Samarinda, DiswayKaltim.com - Maskapai Lion Air Group terpaksa lakukan penundaan penerbangan domestik semua jadwal penerbangan, Minggu (3/5/2020) ini. Calon penumpang pun dipersilakan me-refund tiket  yang sudah dipesan.

Waktu penundaan operasional penerbangan itu sendiri tidak terbatas. Artinya sampai mendapat pemberitahuan lanjutan.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan beberapa hal. Katanya penundaan dikarenakan pihak maskapai butuh banyak persiapan agar penerbangan tetap mengikuti faktor keselamatan dan keamanan.

"Termasuk kami tidak ingin menyebabkan penyebaran corona virus disease atau COVID-19," katanya melalui press rilis, Minggu (3/5/2020).

Kendati demikian pihak Lion Air tetap berkoordinasi dengan berbagai pihak. Agar kebutuhan penerbangan tetap lancar. Terlebih untuk angkutan lebaran.

"Kami ingin bisa memenuhi kebutuhan transportasi udara sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama masa angkutan udara Idul Fitri periode 1441 Hijriah dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 ini," sambungnya.

Namun penerbangan khusus (exemption flight) tetap jalan. Lion Air Grup lanjut Danang hanya melayani beberapa kalangan yang dianggap penting. Urusan bisnis misalnya. Atau urusan penting lainnya. Tapi bukan bertujuan untuk mudik. Hanya enam jenis penerbangan yang diperkenankan.

Diantaranya, hanya boleh mengangkut pimpinan lembaga tinggi negara dan tamu kenegaraan. kemudian sebagai operasional kedutaan besar, konsulat jenderal, dan konsulat asing serta perwakilan organisasi internasional di Indonesia.

Selain itu Lion Air Grup hanya bisa melayani operasional penerbangan khusus repatriasi (repatriasi) yang melakukan pemulangan warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara asing (WNA).

Lalu operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat. Kemudian melayani angkutan kargo. Dan terakhir operasional lain berdasarkan izin Direktur Jenderal Perhubungan Udara.

"Kami dari Lion Air Group menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyaman yang timbul. Kepada calon tamu atau penumpang yang sudah membeli tiket pesawat udara atau memiliki reservasi perjalanan, bisa melakukan proses pengembalian atau refund melalui Kantor Penjualan Tiket Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia," imbuhnya.

Adapun informasi lain bisa menghubungi call center 021-6379 8000.

Terpisah, Kasi Pelayanan dan Operasi Bandara APT Pranoto Samarinda Rora Ardian membenarkan perihal itu.

"Sementara masih belum ada kegiatan penerbangan komersil di Apt Pranoto sampai dengan batas waktu yg tidak ditentukan," katanya singkat. (boy2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: