263 Orang Klaster Gowa di Kukar Jalani Rapid Test, 21 Orang Positif

263 Orang Klaster Gowa di Kukar Jalani Rapid Test, 21 Orang Positif

Dr. Martina Yulianti. (Ist)

=========

Kukar, Diswaykaltim.com - Dinas Kesehatan (Diskes) Kutai Kartanegara (Kukar) telah melakukan rapid test kepada kelompok Klaster Ijtima Ulama Gowa, Makassar. Termasuk yang kontak erat dengan kelompok tersebut. Totalnya sebanyak 263 orang.

Dari jumlah tersebut. Sebanyak 21 orang menunjukkan hasil reaktif atau positif.

Kepala Diskes Kukar Martina Yulianti mengatakan, jumlah yang akan menjalani rapid test akan terus bertambah. Dan masih berlangsung di seluruh kecamatan di Kukar.

"Itu menggunakan rapid test yang tahap pertama untuk tujuan skrinning. Artinya jika negatif ya negatif, kalau positif kita akan meneruskan pemeriksaannya," ujar Martina dalam rilisnya, Sabtu (25/4/2020) malam.

21 orang termasuk 2 orang adalah keluarga dari pelaku perjalanan Klaster Ijtima Ulama Gowa dilakukan pemeriksaan lanjutan. Kemudian menjalani karantina di Wisma Atlet GOR Aji Imbut Kukar. Serta diambil swab tenggorokan.

"Saat ini sudah di Surabaya, tinggal menunggu hasil dan mudah-mudahan segera," lanjutnya.

Sebagai langkah antisipatif. Diskes Kukar melanjutkan pemeriksaan tes cepat yang lebih mendetail. Hal itu dilakukan untuk melihat respon tubuh akut atau anti bodi di dalam tubuh terhadap virus. Hasilnya menunjukkan reaktif.

"Artinya bahwa virus masih ada di yang bersangkutan, artinya berpotensi masih menularkan," ujar Martina, lagi.

Sehingga Martina mengatakan jika sampai ada yang terkonfirmasi positif diluar pelaku perjalanan. Dengan artian pelaku perjalanan telah menularkan pada kontak eratnya berdasarkan hasil PCR. Maka telah terjadi transmisi lokal di Kukar. Tepatnya di Kecamatan Tenggarong dan Kecamatan Muara Badak.

Martina menyebut akan terus melakukan pemeriksaan rapid test terhadap seluruh pelaku perjalanan dari Klaster Ijtima Ulama Gowa. Dengan target hingga Senin 27 April 2020. Yang kemudian akan dibuat pemetaan dari hasil tersebut.

"Tentu ini akan mempengaruhi langkah-langkah tindak lanjut terhadap penanganan COVID-19 di Kukar yang akan dilakukan tim gugus tugas," pungkas Martina. (mrf/byu) ///////

Daftar kecamatan yang masuk dalam 21 orang Klaster Ijtima Ulama Gowa : 

1. Muara Badak 9 orang

2. Tenggarong 5 orang 

3. Sanga-sanga 2 orang

4. Loa Janan 3 orang

5. Loa Kulu 2 orang

NB : Informasi untuk kecamatan lainnya akan disampaikan setelah semua tes cepat selesai dilaksanakan. (Sumber : Dinkes Kukar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: