Tak Beroperasi karena Pipa Kondensor Rusak

Tak Beroperasi karena Pipa Kondensor Rusak

TANJUNG REDEB, DISWAY – Perbaikan pipa kondensor yang terhubung ke unit 1 dan 2 PLTU Lati, terus dilakukan PT. Indo Pusaka Berau (IPB).

Direktur Utama PT. IPB Najemuddin membenarkan bahwa saat ini terjadi kebocoran pipa kondensor yang mengakibatkan tidak beroperasinya boiler di PLTU Lati.

Diakuinya terus diupayakan untuk menemukan titik kebocoran tersebut. Penggalian dilakukan menggunakan dua metode. Yakni, dengan menggunakan alat berat dan kemudian dilakukan secara manual.

“Jika hari ini (kemarin) ditemukan titik kebocorannya, estimasi pengerjaannya bisa tiga sampai lima hari. Kendalanya saat ini adalah proses penggalian,” kata Najemuddin, Selasa (7/4).

Kerusakan pipa tersebut, kata dia, terjadi karena masuknya air laut, beberapa bulan lalu. Air laut yang masuk hingga ke Sungai Lati menyebabkan terjadinya proses pengeroposan pada pipa besi tersebut.

“Jadi ini dampak dari fenomena alam yang waktu itu,” ujarnya.

Selain itu, usia pipa tersebut pun terbilang cukup tua. Dan, tidak memungkinkan jika dilakukan perawatan karena terletak di dalam tanah.

“Setiap perawatan pun pasti dilakukan pemadaman. Tergantung berapa lamanya proses pengerjaan saja lagi untuk lama pemadamannya,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, jika dihitung berdasarkan watt yang digunakan, dan jika PLTU Berau stabil, makabtidak perlu adanya pemadaman. Karena yang biasanya satu unit diserahkan ke PT. Berau Coal telah dikirim ke PLN.

“Jadi, hanya satu unit yang kurang dari kondisi normalnya. Nah, sementara Kaltimex juga seharusnya nyala. Tapi karena kondisi PLTU Berau ada masalah juga, jadi itu yang menyebabkan terjadinya pemadaman,” ujarnya. */FST/REY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: