Pasien Positif COVID-19 di Kutim Jadi Tiga

Pasien Positif COVID-19 di Kutim Jadi Tiga

Kadinkes Kutim bersama Bupati Kutim Ismunandar saat press release. (Fitri/DiswayKaltim)

===========

Sangatta, Diswaykaltim.com - Kasus positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) kembali bertambah. Jadi total yang di isolasi dan menjalani perawatan di rumah sakit menjadi tiga pasien.

Pasien ketiga merupakan seorang pria berusia 43 tahun. Ia memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri (India) beberapa waktu lalu kemudian ke Singapore.

Selanjutnya kembali ke Indonesia dan pulang ke Kutim melalui Bandara Sepinggan Balikpapan menuju Bandara Tanjung Bara, Sangatta.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim, Bahrani Hasanal menerangkan, pasien ini telah menjalani perawatan sejak (27/3/2020) lalu di RSUD Kudungga Sangatta.

“Awalnya pasien ketiga ini memiliki keluhan flu biasa saja. Lalu ia melaporkan keluhan ke klinik SOS pusat setelah flu-nya tak kunjung berkurang,” katanya, dalam press release, Minggu (5/4/2020) sore di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutim.

“Kemudian dia ke SOS PT KPC namun tetap sama. Barulah pada 27 Maret dirujuk ke RSUD Kudungga untuk dirawat,"  tambah Bahrani.

Setelah dilakukan perawatan. Pihak RSUD Kudungga mengirimkan sample dahak dan lainnya untuk dilakukan swab di Laboratorium Surabaya. Dan hasilnya positif COVID-19.

Pria ini merupakan karyawan PT KPC. Ia melakukan perjalanan 35 hari ke India untuk menjalankan dakwah atau Jamaah Tabligh. Ketika itu ia bersama dengan rekannya.

"Saat ini rekannya sudah menjalani perawatan di klinik COVID-19 dan tidak memiliki keluhan apapun. Meski begitu rekannya tersebut tetap harus dikarantina di RSUD Kudungga. Sambil menunggu hasil swab," tukasnya.

Bahrani mengungkapkan, kedua pasien ini merupakan kluster baru. Sedangkan untuk keluarga dan kerabat yang berkontak erat dengan keduanya sudah melakukan isolasi mandiri dan cek kesehatan berkala. (FS/Byu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: