Hasil Survei Global Insight Analytics, Masyarakat yang Dukung Isran-Hadi 65,1 Persen

Hasil Survei Global Insight Analytics, Masyarakat yang Dukung Isran-Hadi 65,1 Persen

Isran Noor ketika diwawancara awak media.-Mayang/Disway-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Lembaga riset Global Insight Analytics (GIA) merilis hasil survei dukungan masyarakat terhadap Isran Noor-Hadi Mulyadi lebih tinggi dari pasangan Rudy-Seno, yakni sebesar 65,1 persen.

Survei pada 1-7 Oktober 2024. Hasilnya Isran-Hadi memperoleh dukungan sebesar 65,1 persen, sementara pasangan Rudy-Seno hanya meraih 26,8 persen. 

Sementara itu, 10,1 persen responden menjawab belum menentukan pilihan. Survei ini melibatkan 800 responden dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, dengan margin of error sebesar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Budi Santoso, Direktur Global Insight Analytics, menjelaskan survei ini menggunakan metode multistage random sampling. Di mana 800 responden yang dipilih secara acak mewakili populasi pemilih di Kalimantan Timur, yang sudah berumur 17 tahun ke atas atau telah menikah.  

BACA JUGA:Para Petarung Pilkada 2024 Sudah Mulai Kampanye di Ruang Terbuka, Ini Syarat-Syarat yang Harus Diperhatikan

BACA JUGA:Bawaslu Kaltim Temukan 5 Dugaan Pelanggaran Selama Masa Kampanye

Data yang dikumpulkan menurut Budi, bersumber dari seluruh kabuapten/kota dan diolah secara proporsional untuk memastikan hasil survei yang akurat.

Ia juga menambahkan tingginya hasi survei dukungan itu tidak terlepas dari rekam jejak serta kepuasan publik terhadap kinerja Isran-Hadi selama menjabat.

"Isran-Hadi dikenal sebagai pemimpin yang berhasil dalam pembangunan infrastruktur, peningkatan ekonomi, dan yang terpenting, bersih dari kasus korupsi. Hal-hal inilah yang menjadi faktor penentu tingginya elektabilitas mereka," ungkap Budi melalui press rilisnya, Senin 14 Oktober 2024.

Ia juga menambahkan bahwa komunikasi politik yang efektif dengan masyarakat turut menjadi kunci dalam meraih dukungan luas di berbagai kalangan.

BACA JUGA:Dorong Partisipasi pada Pilkada 2024, Kesbangpol Kaltim Sosialisasi ke Gen Z

BACA JUGA:BKD Kaltim Gandeng Bawaslu Awasi Netralitas ASN dalam Pilkada 2024

"Masyarakat merasa puas dengan program-program pembangunan yang telah mereka jalankan, seperti pembangunan jalan provinsi, beasiswa pendidikan, dan upaya peningkatan kesejahteraan sosial," tambahnya.

Yang menarik pula, survei juga menyinggung potensi golput pada Pilkada 2024, khususnya pilgub Kaltim. dari responden yang diwawancara, sebanyak 61,2 persen mengaku tidak memilih pada pilkada 2018 lalu.

Namun saat ditanya, apakah mereka akan memilih pada Pilkada 2024 ini, sebanyak 72,1 persen mengaku akan ikut serta memilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: