Tarik Minat Wisatawan, Pemkab Mahulu akan Gelar Hudoq Pekayang

Tarik Minat Wisatawan, Pemkab Mahulu akan Gelar Hudoq Pekayang

ilustrasi Budaya Hudoq Pekayang yang akan digelar di Mahulu tahun ini-istimewa-

MAHAKAM ULU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) telah menjadwalkan kegiatan Hudoq Pekayang.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan, kegiatan kebudayaan itu dilaksanakan pada 19-22 Oktober 2024 dan bertempat di Kampung Long Isun, Kecamatan Long Pahangai.

Kepala Disparpora Mahulu, Yason Liah, mengungkapkan bahwa sejumlah kegiatan akan diselenggarakan untuk memeriahkan acara tersebut, dan menarik perhatian pengunjung dari berbagai wilayah telah dipersiapkan.

"Di situ ada semacam pameran, ada giat jual beli produk kerajinan, kemudian ada juga lomba-lomba. Ini untuk memberikan pengalaman yang menarik bagi pengunjung," kata Yasin Liah, Rabu (2/10/2024).

BACA JUGA : Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Pj Gubernur: Kaltim adalah Daerah yang Hebat

BACA JUGA : Selamat Jalan Marissa Haque, Aktris Serba Bisa Kelahiran Balikpapan

Pemkab Mahulu berharap, acara Hudoq Pekayang dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berkunjung ke Bumi Urip Kerimaan, serta yang lebih penting yakni mengenal lebih jauh keunikan budaya di daerah tersebut.

"Supaya orang datang dengan perasaan yang menarik dan bisa membawa buah tangan yang menjadi kenang-kenangan ketika mereka datang di Mahulu," jelasnya.

Ia juga menekankan pentingnya pengunjung memahami, bahwa Mahulu meskipun terletak di perbatasan, memiliki budaya yang kental dan unik.

Mengenai persiapan akses menuju lokasi acara, Ia menjelaskan bahwa pihaknya sudah membahas beberapa opsi transportasi untuk memastikan kelancaran acara.

BACA JUGA : Ayo Manfaatkan Uji KIR Gratis di PPU, Jangan Tunggu Program Berakhir!

BACA JUGA : Seno Aji Mengaku Tidak Dapat Undangan 'Bincang Gagasan' dari BEM Unmul

"Plan A itu akses lewat sungai, darat, dan udara. Kami sudah antisipasi jika ada kendala untuk sampai di Kampung Long Isun," ungkapnya.

Dengan berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan, Disparpora Mahulu berharap perayaan Hudoq Pekayang tahun ini dapat dilaksanakan semakin meriah dan menjadi daya tarik pariwisata, baik lokal maupun mancanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: