Cerita Iptu Imam Jayadi, Dari Atlet Berprestasi Hingga Wasit Judo Nasional

Cerita Iptu Imam Jayadi, Dari Atlet Berprestasi Hingga Wasit Judo Nasional

Iptu Imam Jayadi saat menjadi wasit judo di beberapa kejuaraan tingkat nasional. (Dok. Pribadi Imam Jayadi)--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Iptu Imam Jayadi, yang kini menjabat sebagai Kasubsi Binjas Satbrimob Polda Kaltim, telah dipercaya untuk menjadi wasit judo pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 yang diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara.

Kariernya yang panjang dan pengalamannya di berbagai kompetisi nasional telah membuatnya kembali terpilih untuk tugas ini.

"Alhamdulillah, kali ini saya dipercaya lagi menjadi wasit cabang olahraga Judo pada PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut. Sampai saat ini, saya masih aktif ditunjuk sebagai wasit Judo di setiap event kejuaraan nasional," ungkap Iptu Imam Jayadi, Minggu (22/9/2024).

Imam menekankan pentingnya menjaga netralitas dalam memimpin pertandingan, di mana seorang wasit judo harus selalu berdiri di posisi tengah tanpa memihak.

BACA JUGA : Pembangunan Pendopo Bupati Paser Ditarget Rampung sebelum Hari Jadi ke-65

“Wasit judo wajib netral dan berada di tengah. Tidak boleh condong ke mana pun, termasuk jika atlet judo Kaltim bertanding,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam dunia judo, sulit bagi wasit untuk melakukan kecurangan karena adanya mekanisme protes dari pelatih jika ada kesalahan dalam keputusan.

"Jika ada kesalahan, pihak pelatih bisa protes dan meninjau ulang melalui video rekaman. Dengan begitu, wasit selalu dituntut untuk netral, karena kinerja kami terus dinilai oleh pihak konsultatif juri," jelas Imam.

Berbekal pengalamannya sebagai mantan atlet dan pelatih, Imam Jayadi memiliki wawasan yang luas mengenai olahraga judo.

BACA JUGA : Daging Babi Hutan Ilegal Seberat 2,2 Ton Disita Petugas di Balikpapan, Dua Orang Ditangkap

Ia pernah membawa Tim Judo Kaltim untuk berlatih di Mongolia dan menjadi pelatih pada ajang PON 2008.

Selain itu, ia telah memimpin banyak pertandingan di berbagai ajang, baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: