Kekurangan Dokter Spesialis Jadi Penyebab Pasien di Mahulu Banyak Dirujuk Keluar Daerah

Kekurangan Dokter Spesialis Jadi Penyebab Pasien di Mahulu Banyak Dirujuk Keluar Daerah

RS Ujoh Bilang Kabupaten Mahakam Ulu.-Iswanto-nomorsatukaltim.disway.id

Kata Nela, di dua rumah sakit Pratama memang telah tersedia dokter umum. Namun jumlahnya masih terbatas, apalagi keterampilannya juga belum memadai. 

BACA JUGA: Formasi CASN Paser Hanya untuk Tenaga Teknis dan Nakes (disway.id)

Sehingga dengan kondisi tersebut, pihak rumah sakit seringkali mengambil keputusan untuk merujuk pasien ke rumah sakit di daerah lain. Misalnya dirujuk ke Rumah Sakit HIS Kutai Barat, kemudian ke Kutai Kartanegara, Samarinda, Balikpapan dan lainnya.

“Tenaga kesehatan kita di Mahulu ini juga masih kurang terampil. Sehingga beberapa kasus masih harus kita rujuk. Seperti dokter umum walaupun ada, tapi terbatas jumlahnya, kemudian kualitasnya juga sehingga kita masih merujuk dan tidak bisa menahan pasien,” tuturnya.

Terkait ketersediaan alat kesehatan, lanjut dia, pihak rumah sakit sebenarnya bisa saja melengkapi. Namun jika tidak tahu cara penggunaannya tentu akan mubazir.

“Kalau untuk ruangan, semua sudah tersedia, tapi sekarang masalahnya ketersediaan tenaga kesehatan. Kalau alat kesehatan yang ada sekarang sebenarnya sudah lengkap sesuai kelas rumah sakitnya juga. Bahkan untuk kelas D umum, utk saat ini kita sudah pemenuhan lebih dari 50 persen,” sebutnya.

BACA JUGA: Pembangunan Tahap I Rumah Sakit Baru Selesai Tahun Ini, Kebutuhan Nakes Segera Dipersiapkan (disway.id)

“Sebenarnya bisa kita penuhi alat kesehatan yang lainnya, tapi kalau tidak digunakan, itu akan rawan jadi temuan, memang tetap kembali ke SDM, kemudian operatornya juga,” ujar Nella, menambahkan.

Guna mengatasi kendala-kendala tersebut, Pemkab Mahulu melalui Dinas Kesehatan telah memberangkatkan sejumlah dokter yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mengikuti pendidikan khusus.

Dokter-dokter yang disekolahkan itu, nantinya akan menangani bidang-bidang yang belum ada saat ini. Seperti spesialis anak, spesialis kebidanan, spesialis bedah umum dan spesialis kandungan.

“Untuk spesialis bedah umum, ada dua yang sudah berangkat pendidikan. Kemudian yang lain baru satu-satu saja formasinya. Sedangkan untuk dokter spesialis anestesi sampai saat ini belum ada. Tapi ada satu dokter umum kita yang berminat untuk ambil anestesi, sekarang dia baru proses pengajuan. Jadi kita sekolahkan mereka itu sesuai kebutuhan saja,” terangnya.

BACA JUGA: DPRD-Dinkes Kutim Bahas Kekurangan Nakes RS Pratama Muara Bengkal (disway.id)

Sebagai informasi, di Kabupaten Mahulu terdapat dua Rumah Sakit dengan tipe kelas D Pratama. 

Adapun dua rumah sakit tersebut yakni, Rumah Sakit Ujoh Bilang dan Rumah Sakit Nawacita Datah Dawai. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: