Tingkatkan Pelayanan Publik, Bapenda Kaltim Gelar In-House Training SP4N

Tingkatkan Pelayanan Publik, Bapenda Kaltim Gelar In-House Training SP4N

Kepala Sub Bidang Analisis Pengembangan Pendapatan dan Pelayanan pada Bidang Sistem Informasi Pendapatan (PPSIP), Siti Maisyarah saat ditemui Nomorsatukaltim.-(Disway Kaltim/ Salsa)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM -  Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kalimantan Timur (Kaltim) kembali melakukan monitoring untuk peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dalam kesempatan tersebut, Bapenda menggelar In-House training bagi tenaga administrator Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang berada di seluruh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Bapenda kabupaten/kota se Kalimantan Timur.  

Kepala Bapenda Kaltim Ismiati, melalui Kepala Sub Bidang Analisis Pengembangan Pendapatan dan Pelayanan pada Bidang Sistem Informasi Pendapatan (PPSIP), Siti Maisyarah menyebut, kegiatan ini diikuti oleh 9 UPTD dengan berbagi informasi mengenai layanan yang mungkin belum dipahami masyarakat. 

“Kami juga membahas terkait peningkatan pelayanan terhadap layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), yang menyatukan berbagai keperluan administrasi kendaraan bermotor," ujar Siti Maisyarah saat ditemui langsung di Hotel Diamond, Jalan Lambung Mangkurat Samarinda, pada Senin (5/8/2024). 

BACA JUGA: Jelang Pilkada 2024, KNPI Mahulu Imbau Elit Hindari Narasi Politik Kesukuan

BACA JUGA: Kontraktor Balikpapan Minta Lebih Diperhatikan, Sekda: Audiensi Saja dengan DPU

"Termasuk pembayaran pajak kendaraan, pengesahan STNK, dan penerbitan BPKB,” imbuhnya.

Kegiatan itu juga merupakan upaya Bapenda Kaltim untuk meningkatkan pelayanan masyarakat yang meliputi berbagai keperluan. Seperti layanan Samsat yang tersebar di kabupaten kota. 

"Dalam peningkatan pelayanan, perlu adanya peningkatan kemampuan dalam melayani masyarakat dengan baik," sebutnya.

Sebab, menurutnya, tanggapan masyarakat yang sering menyampaikan aduan, aspirasi, dan informasi kepada Bapenda penting untuk segera ditindaklanjuti.

BACA JUGA: Sudah Mulai Survei, Telkom Rencana Bangun FO di Tower Long Hubung Mahulu

BACA JUGA: Tarif Sewa Mobil Meroket di IKN, Fortuner Tembus Rp5 Juta per Hari

“Setiap Samsat memiliki admin untuk menerima dan menindaklanjuti hal tersebut. Baik itu sifatnya aduan, aspirasi, atau informasi yang disampaikan kepada kami,” pungkasnya.

Ia pun berharap pelayanan tersebut dapat ditingkatkan melalui pertemuan tersebut. Sehingga, Bapenda Kaltim bisa lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: