Orang Kaltim Pertama Masuk di Istana IKN

Orang Kaltim Pertama Masuk di Istana IKN

Dari kiri - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Pj Gubernur Akmal Malik, Pj Bupati PPU Makmur Marbun dan Wali Kota Samarinda Andi Harun setelah diterima Presiden Jokowi di Istana IKN.-(Foto/Istimewa)-

BACA JUGA: Usai Perpanjangan Masa Jabatan, Kades Diminta Riview Ulang RPJMDes 

Selesai rapat dengan Otorita IKN, Jokowi menerima jajaran Pemda Kaltim, yang dipimpin Pj Gubernur Akmal Malik. 

Ikut mendampinginya adalah kepala daerah sekitar IKN, yaitu Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Pj Bupati PPU Makmur Marbun, dan Wali Kota Samarinda Andi Harun.

Sempat menjadi pertanyaan kenapa Bupati Kukar Edi Damansyah tak hadir. Padahal sebagian wilayah IKN ada yang masuk wilayah Kukar. 

Sejauh ini tak ada penjelasan resmi dari Istana maupun dari Pemprov Kaltim.

BACA JUGA: Akses Internet Mahulu Sulit, Penerapan Kurikulum Merdeka Tak Lancar

Edi Damansyah sendiri mengaku tidak mengetahui perihal undangan Jokowi ke IKN. “Saya kurang memantau, karena beberapa hari terakhir saya berada di hulu (pedalaman Kukar, pen), ngurus desa, ngurus stunting dan lainnya,” katanya seperti diberitakan beberapa media online.

Kepada Presiden, Akmal menyatakan Kaltim siap memberikan dukungan untuk suksesnya pelaksanaan Upacara 17 Agustus 2024 di IKN. Mulai pengerahan massa,  kelancaran mobilisasi tamu yang datang, fasilitas penginapan dan transportasi sampai berbagai hal yang dibutuhkan.

“Presiden sangat memahami aspirasi masyarakat dan memohon partisipasi masyarakat Kaltim untuk mendukung pelaksanaan  upacara nanti, terutama melalui pemerintah daerah,” kata Akmal.

BACA JUGA: Stiker Bacalon Marak di Angkot, Bawaslu Kaltim Sebut Belum Berwenang Menindak

Menerima Kadin dan Hipmi

Di hari kedua, Selasa (30/7), Presiden di ruang kerjanya yang masih serba baru mengundang kalangan pengusaha lokal. 

Mereka yang datang di antaranya Ketua Kadin Kaltim Dayang Dona Faroek, Ketua HIPMI Kaltim Andi Adi Wijaya, Ketua Kadin Balikpapan Yaser Arafat dan Ketua HIPMI Balikpapan Adam Dustin Bhakti. Ada juga ketua Kadin dan HIPMI PPU.

Kepada wartawan, Dona mengatakan sangat bangga dan mengapresiasi  kesediaan Presiden Jokowi menerima mereka di Istana IKN. “Sesuatu yang sangat luar biasa,” katanya. Saat ini Dona juga bakal mengikuti Pilbup PPU 2024.

Dalam kesempatan yang sangat istimewa itu, Dona menyampaikan beberapa hal penting kepada Kepala Negara. Di antaranya soal kesempatan pengusaha lokal ikut terlibat dalam pembangunan IKN sampai soal ketahanan pangan Kaltim menyusul semakin bertambahnya populasi penduduk di wilayah ini dengan adanya IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: