Orang Kaltim Pertama Masuk di Istana IKN

Orang Kaltim Pertama Masuk di Istana IKN

Dari kiri - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Pj Gubernur Akmal Malik, Pj Bupati PPU Makmur Marbun dan Wali Kota Samarinda Andi Harun setelah diterima Presiden Jokowi di Istana IKN.-(Foto/Istimewa)-

BACA JUGA: Hasil Survei BPS, Segini Jumlah Pengeluaran Warga Paser Masuk Kategori Miskin

“Kita maunya diberi kesempatan sebagai pemain utama dalam berbagai proyek investasi di IKN, bukan hanya sebagai subcon seperti yang terjadi sekarang ini,” kata putri sulung mantan gubernur Kaltim Dr Awang Faroek Ishak ini.

Menurut Dona, dari total 4.500 pengusaha lokal yang bergabung di Kadin, sekitar 10 persen di antaranya telah terlibat sebagai sub-kontraktor dalam pembangunan proyek infrastruktur dan berbagai pekerjaan di IKN.

Salah satu pengusaha lokal itu adalah Ketua HIPMI Balikpapan Adam Dustin Bhakti. CEO Lexa Event Organizer (LEO) ini banyak diberi kesempatan Kementerian PUPR mengorganisir berbagai acara di IKN. 

“Alhamdulillah saya banyak diberi kepercayaan,” kata Adam, yang baru dilantik sebagai Ketua HIPMI sepekan lalu.

BACA JUGA: Pemkab Kukar Usulkan Jalan Penghubung ke IKN

Dona juga menyoroti soal pengurusan perizinan yang memerlukan waktu yang cukup lama. “Kami berharap perizinan di IKN dimudahkan, sehingga teman-teman dari Kadin dan HIPMI yang mau buka usaha seperti kafe, rumah makan, dan lainnya bisa terlaksana,” tambahnya.

Menanggapi keinginan dari Kadin dan HIPMI, Jokowi berjanji akan melibatkan para pengusaha lokal Kaltim secara lebih luas untuk berinvestasi di IKN. Termasuk juga soal ketahanan pangan di daerah ini. “Saya kira usul ini sangat baik,” ucapnya.

Sebelum balik ke Jakarta, Presiden Jokowi menerima jajaran petinggi  keamanan dari Kaltim. Mereka di antaranya adalah Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Anggara Sitompul, Dandim 0913/PPU Letkol Inf Arfan Affandi dan Kapolres PPU AKBP Supriyanto.

BACA JUGA: Catatan Rizal Effendi: Air Bersih untuk Balikpapan

Dalam pertemuan itu, Presiden menugaskan jajaran keamanan di daerah ini untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat sebaik mungkin, meningkatkan pelayanan dan penegakan hukum, sehingga stabilitas keamanan di sekitar IKN terjaga dengan baik.

Jokowi menginginkan IKN dan sekitarnya adalah model kota yang selalu aman dan tidak ada kejahatan sama sekali.

Tinggal beberapa hari lagi kita akan menyaksikan peristiwa yang sangat bersejarah. Yaitu peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di halaman Istana Garuda IKN. Ada 400 sampai seribu orang Kaltim diundang untuk menghadiri acara tersebut.  

“Alhamdulillah saya sudah didaftarkan ke Kesbangpol PPU,” kata H Amir Syarifuddin, ketua Dewan Pembina Yayasan Keluarga Besar Anggota Veteran Pejuang 45 Anak dan Cucu (YKB Avepelac) PPU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: