Fasilitas dan Tenaga Pendidik Daerah Pedalaman di Berau Kurang Diperhatikan

Fasilitas dan Tenaga Pendidik Daerah Pedalaman di Berau Kurang Diperhatikan

Rudi P Mangunsong.-isti-

BERAU, NOMORSATUKALTIM – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Berau, Rudi P Mangunsong meminta agar fasilitas dan tenaga pendidik harus diperhatikan, khususnya di daerah pedalaman. 

"Persoalan pendidikan, masalah utamanya pasti minimnya sarana penunjang seperti ruang kelas, meja, dan kursi, serta kekurangan jumlah guru," kata Rudi, Senin (29/7/2024).

Menurutnya, apabila penanganan dari sektor pendidikan tidak tuntas, maka optimalisasi kinerja Dinas Pendidikan patut dipertanyakan. Sebab menyangkut mengenai kualitas pendidikan di Bumi Batiwakkal (sebutan kabupaten Berau).

BACA JUGA:DPRD Berau Minta Disdukcapil Lakukan Pembaharuan Data Jelang Pilkada 2024

"Semestinya ini bisa menjadi bahan evaluasi Disdik, sekiranya mengenai segala macam persoalan itu bisa didata dan merumuskan alokasi anggaran yang tepat sesuai porsi masing-masing wilayah," tuturnya.

Diakuinya, penyelesaiannya pun perlu dilakukan secara cepat, karena mengenai kekurangan sarana belajar berkaitan pula dengan kenyamanan peserta didik di kelas.

"Masih ada sekolah yang kekurangan ruang belajar, ruang guru, fasilitas dan penunjang lainnya, termasuk ketersediaan WC," ujarnya.

Rudi menegaskan, hal seperti ini harus segera ditangani. Minimal setelah ada laporan bisa langsung diselesaikan.

BACA JUGA:Ajang Kebudayaan Bawa Dampak Positif Bagi Perekonomian

"Harus dilakukan, karena ruang kelas sekolah ini kan yang menampung banyak siswa dan siswi. Jangan sampai lama atau bahkan tidak tertangani," tegasnya.

Untuk itu, Disdik harus melakukan evaluasi dan pendataan, agar bisa segera dipenuhi, baik kekurangan fasilitas juga tenaga-tenaga pengajarnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: