Begini Tanggapan Pj Gubernur Kaltim Terkait Polemik Bus Bacitra di Balikpapan

Begini Tanggapan Pj Gubernur Kaltim Terkait Polemik Bus Bacitra di Balikpapan

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik.-chandra/disway-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM -  Aksi protes ratusan sopir angkutan kota (angkot) terhadap uji coba Bus Balikpapan City Trans (Bacitra/ BCT) di Balikpapan, ditanggapi Penjaba (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik.

Ia menekankan pentingnya komunikasi serta dialog antara pemerintah dengan pihak-pihak yang terdampak kebijakan baru.

"Saya memahami bahwa kebijakan baru pasti memiliki dampak positif dan negatif. Namun, komunikasi yang baik sangat penting untuk meminimalisir dampak negatif dan mencari solusi bersama," ujar Akmal di Balikpapan.

BACA JUGA:Pascademo Bacitra, Dishub Balikpapan Bakal Tertibkan Kir dan Trayek Angkot

Akmal pun menyarankan agar Pemerintah Kota Balikpapan belajar dari pengalaman DKI Jakarta dalam melakukan transformasi angkutan umum.  Menurutnya, kunci keberhasilan terletak pada komunikasi yang terbuka dan melibatkan semua pihak terkait.

"Komunikasi adalah kunci untuk menyelesaikan masalah. Ajak semua pihak yang terdampak untuk berbicara dan mencari solusi bersama. Saya yakin kita bisa menemukan jalan tengah yang menguntungkan semua pihak," tegas Akmal.

BACA JUGA:Bawaslu Balikpapan Tekankan Pentingnya Peran Perempuan dalam Pengawasan Pilkada

Sebelumnya, sopir angkot dari delapan trayek melakukan aksi unjuk rasa menentang uji coba Bus Bacitra. Mereka merasa keberadaan bus tersebut mengancam pendapatan mereka.

Menanggapi protes tersebut, Pemerintah Kota Balikpapan memutuskan untuk menghentikan sementara uji coba Bus Bacitra hingga 1 Agustus 2024.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: