6 Penyebab Kebotakan ini Ternyata Hanya Mitos, Apa Saja?

6 Penyebab Kebotakan ini Ternyata Hanya Mitos, Apa Saja?

Beberapa informasi tentang penyebab kebotakan ternyata hanya mitos belaka.-(Ilustrasi/Nomorsatukaltim)-

BACA JUGA: 15 Juli 2024, Siap-Siap Berpelukan dengan Anak

3. Kebotakan Hanya Masalah Pria

Meskipun lebih banyak pria yang mengalami kebotakan, banyak wanita juga mengalami masalah ini. Penyebab kebotakan pada wanita bisa bervariasi, mulai dari faktor genetik hingga kondisi medis seperti kehamilan, gangguan tiroid, dan anemia. 

Selain itu, gaya rambut yang terlalu ketat atau penggunaan bahan kimia yang keras juga bisa menyebabkan rambut rontok pada wanita.

BACA JUGA: Singapura Setujui 16 Jenis Serangga sebagai Makanan, Sejumlah Restoran Siapkan Menu Baru

4. Punya Ayah atau Kakek Botak Berarti Anda Juga Akan Botak

Mitos lain yang sering dipercaya adalah bahwa kebotakan diwariskan langsung dari ayah atau kakek. Sebenarnya, kebotakan disebabkan oleh banyak gen dari berbagai anggota keluarga, bukan hanya satu gen. Meskipun riwayat keluarga bisa meningkatkan risiko kebotakan, tidak bisa dipastikan secara pasti apakah Anda akan mengalami kebotakan atau tidak.

5. Memakai Topi Menyebabkan Kebotakan

Ada anggapan bahwa memakai topi bisa menyebabkan kebotakan karena memberikan tekanan pada rambut. Namun, ini tidak benar. Memakai topi tidak akan menyebabkan kerontokan rambut kecuali jika topinya sangat kotor dan menyebabkan infeksi. Lebih penting untuk memperhatikan gaya rambut Anda daripada khawatir memakai topi.

BACA JUGA: Konsumsi Pornografi Tingkatkan Risiko Disfungsi Seksual

6. Kebotakan Hanya Terjadi pada Usia Tua

Kita sering berpikir kebotakan hanya dialami oleh orang tua. Namun, hampir seperempat dari pria yang mengalami kebotakan sudah mulai merasakannya sejak usia 20-an. Sayangnya, kebotakan yang dimulai di usia muda cenderung lebih parah seiring berjalannya waktu. Semakin dini kebotakan dimulai, semakin sulit biasanya untuk diatasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: