5 Channel Youtube yang Membahas Tentang Sains, Auto Pintar Setelah Nonton

5 Channel Youtube yang Membahas Tentang Sains, Auto Pintar Setelah Nonton

--

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Sebagai platform informasi dan hiburan, Youtube menyajikan banyak hal sebagai tontonan. Termasuk tontonan yang bersifat mengedukasi penonton. Tentunya dengan memilih siaran yang tepat. 

Berikut beberapa channel youtube yang bisa menambah wawasan dan cocok ditonton segala jenis usia:

1. Kok bisa

Channel Kok Bisa pertama kali bergabung di Youtube pada Juni 2015. Channel ini menyajikan beragam informasi dengan didukung animasi yang unik. Narasinya pun mudah dicerna baik oleh orang tua maupu pun anak. 

Karenanya tidak heran, meski pun mengangkat tema yang lumayan berat seperti sains, namun narasi yang mudah disertai animasinya yang menarik, channel ini termasuk wajib ditonton sekali seumur hidup. 

Kok Bisa mencapai puncak penonton ketika pandemi COVID-19 menyerang 2019 silam. Akibat pandemi, banyak masyarakat yang mengisolasi dan berdiam diri di rumah. 

Kondisi ini mmbuat mereka banyak menghabiskan waktu di rumah dan menonton youtube. Bahkan channel ini pernah berkolaborasi dengan banyak youtuber yang juga concern dengan ilmu pengetahuan dan siaran edukasi lainnya. Hingga kini channel Kok Bisa sudah memiliki 5,17 juta subscriber. 

2. Fajrul Fx

Kalau kamu menganggap fisika itu sesuatu yang membosankan dan bikin ngantuk, sebaiknya pikir dua kali. Mungkin kamu belum pernah menonton channel Fajrul Fx. Ya, channel ini dibuat oleh Fajrul Falah, lulusan S2 Fisika di School of Physics and Astronomy, Cardiff University, Britania Raya. Berlatar belakang sebagai sarjana fisika, sudah tentu channel yang ia bawakan tidak jauh-jauh dengan itu. 

Isi di channel ini memang tidak jauh-jauh dari fisika. Tapi, Fajrul mampu mengemasnya dengan cara yang mudah dan bahasa yang sederhana. Misalnya Fajrul mengambil beberapa contoh sains yang direferensikan dari film manga Jepang. Contohnya ketika membahas teori terapan fisika lewat serial anime Jepang Detective Conan. Tidak cuma menonton, Fajrul juga membuktikan kebenaran teori itu di dunia nyata melalui serangkaian praktek di depan kamera. 

Fajrul juga kadang membuat konten yang membahas fenomena viral dan dibahas dengan teori fisika.  

Menonton channel ini tidak hanya membuatmu tertarik dengan ilmu fisika, tapi juga mengajarkan bagaimana seharusnya kita berfikir cerdas dan rasional dalam hidup layaknya ilmuwan. Channel Fajrul Fx kini sudah memiliki 1,05 juta subscriber. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: