Pemkab Berau Berupaya Kembangkan Enam Sub Sektor Ekonomi Kreatif

Pemkab Berau Berupaya Kembangkan Enam Sub Sektor Ekonomi Kreatif

Menparekraf RI, Sandiaga Uno saat mengunjungi stand UMKM di Berau beberapa waktu lalu-Disway Kaltim-

Salah satu kebijakan utama adalah pengembangan SDM pelaku ekraf, baik dalam bidang jasa pariwisata maupun pengembangan pelaku ekraf itu sendiri.

“Jika SDM sudah dilatih dan disertifikasi, serta memiliki produk atau hasil kerja yang sesuai standar, langkah selanjutnya adalah membantu mempromosikan produk tersebut dan membantu mereka mendapatkan hak atas kekayaan intelektual (HAKI),” tuturnya.

Pada pertengahan Juli nanti, Disbudpar juga akan berkoordinasi dengan Kemenparekraf, khususnya dalam bidang peningkatan SDM, untuk memberikan bantuan pelatihan ekraf.

Setiap subsektor ekraf akan mendapatkan peningkatan SDM, seperti pelatihan dan sertifikasi pramuwisata yang baru saja dilakukan pada 4-5 Juli lalu, di mana 20 orang berhasil memperoleh sertifikat tingkat muda.

BACA JUGA : Akademisi Unmul Minta Gubernur dan Presiden Tidur Sebulan di Mahulu

“Enam subsektor ekraf harus memiliki sertifikasi di bidangnya masing-masing. Semua berawal dari SDM, karena meskipun ada destinasi bagus, tanpa SDM yang tersertifikasi dengan baik, perkembangan akan sulit,” ungkapnya.

Fokus peningkatan SDM akan diutamakan bagi destinasi yang sudah berkembang seperti Pulau Derawan, Maratua, Bidukbiduk, Kelay, hingga Tanjung Batu. Namun, 13 kecamatan di Kabupaten Berau juga memiliki destinasi unggulan sesuai dengan ciri khasnya masing-masing.

“Hampir semua SDM yang kami beri pelatihan berasal dari 13 kecamatan tersebut,” ujar Nurjatiah.

Untuk yang ingin meminta bantuan peningkatan SDM, Disbudpar Berau membuka pintu lebar untuk usulan, seperti bantuan peningkatan SDM di homestay, asalkan memenuhi persyaratan seperti memiliki izin, mendata kunjungan, dan serius dalam mengelola usaha mereka.

BACA JUGA : Dinkes Berau Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat

“Kami wajib memberikan bantuan kepada mereka. Kami juga bisa berkoordinasi dengan pihak pusat untuk mendapatkan bantuan yang lebih besar,” tandasnya.

Terpisah, Bupati Berau berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi yang ada di Bumi Batiwakkal, terlebih pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sebab, kedepan rencananya sektor pariwisata mampu menopang pendapatan daerah dan perekonomian masyarakat.

“Ini menjadi salah satu upaya kita untuk beralih dari bertumpu dengan Sumber Daya Alam (SDA) ekstraktif menuju ekonomi keberlanjutan,” ucapnya.

BACA JUGA : Catat! Berikut Jadwal Gerakan Pangan Murah di Paser

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: