Pulau Derawan Bersiap Sambut Kedatangan Kemenparekraf

Pulau Derawan Bersiap Sambut Kedatangan Kemenparekraf

Pulau Derawan adalah salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Berau-(Disway Kaltim)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kampung Pulau Derawan telah melakukan berbagai persiapan guna menyambut kedatangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI), Sandiaga Uno.

Kepala Kampung (Kakam) Pulau Derawan, Indra Mahardika mengatakan, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan, salah satunya kelengkapan administrasi, daya tarik wisata dan juga pembuatan video promosi terkait wisata Pulau Derawan.

"Sebenarnya sudah ada, tapi disuruh buat lagi untuk penyambutan tim dan pak menteri," ujarnya, Rabu (12/6/2024).

BACA JUGA : Pulau Derawan Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

Kemudian, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan dinas terkait, salah satunya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau terkait dengan teknis kedatangan Kemenparekraf ke Pulau Derawan.

"Karena ada beberapa yang dinilai salah satunya daya tarik wisata, digitalisasi, kelembagaan dan yang lainnya," ucapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan pembersihan di area Objek Wisata Pulau Derawan serta infrastruktur lainnya seperti toilet umum, tempat sampah, dan fasilitas umum lainnya.

"Ini lagi dikebut sampai Oktober nanti," bebernya.

BACA JUGA : Pengunjung Ditarik Retribusi Bila Ingin Masuk Pantai di Pulau Derawan, Gamalis Angkat Bicara

Dirinya berharap, dengan adanya kunjungan Kemenparekraf nanti, dapat menambah minat para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Derawan. Sehingga akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat kampung.

"Untuk itu, kami fokus pada tahun ini, dari lebaran kemarin seluruh penginapan dan resort wajib melaporkan jumlah pengunjungnya," ungkapnya.

"Kalau untuk menampung rombongan menteri, saya rasa cukup, hanya saja ada beberapa tempat dan fasilitas yang harus kita persiapkan," pungkasnya.

BACA JUGA : Yohanes Avun Kritik Proyek Pengerasan Jalan Negara di Mahulu, Sebut Hanya Main-main

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: