Hasil Rukyatul Hilal Kemenag Balikpapan, 1 Dzulhijjah 1445 Jatuh pada 8 Juni 2024

Hasil Rukyatul Hilal Kemenag Balikpapan, 1 Dzulhijjah 1445 Jatuh pada 8 Juni 2024

Kemenag Balikpapan bersama BMKG melakukan rukyatul hilal untuk menentukan awal Zulhijjah, di Menara Balikpapan Islamic Centre (BIC), pada Jumat (7/6/2024).-(Disway Kaltim/ Chandra)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Balikpapan melakukan pengamatan hilal untuk menetapkan 1 Dzulhijjah 1445 Hijriah di Menara Balikpapan Islamic Centre (BIC), pada Jumat (7/6/2024). 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin, yang mewakili Walikota Balikpapan, Rahmad Mas'ud. Selain itu, perwakilan BMKG dan instansi terkait lain juga hadir dalam kegiatan ini.

"Hari ini adalah tanggal 29 Dzulkaidah, dan serentak Kemenag melakukan rukyatul hilal untuk menetapkan awal 1 Dzulhijjah 1445 Hijriah,” ujar Kepala Kemenag Balikpapan, Masrivani.

BACA JUGA: Antisipasi Kelangkaan Jelang Iduladha, Pertamina Tambah Stok LPG 3 Kilogram di Samarinda

Ia juga menegaskan bahwa penetapan 1 Dzulhijjah ini sangat penting karena berpengaruh pada tanggal pelaksanaan Hari Raya Idul Adha.

Berdasarkan data dari BMKG Balikpapan, ketinggian hilal pada saat matahari terbenam pukul 18.13 berada di sekitar 9 derajat. 

"Kondisi ini telah melampaui batas imkan rukyat yang ditetapkan oleh MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) yakni 3 derajat dengan elongasi 6,4 derajat," kata Masrivani.

BACA JUGA: Pemkab Badung Bantu Pembangunan Pura di Paser Rp 2,9 Miliar 

Ia menambahkan bahwa berdasarkan rukyatul hilal ini, bisa dianalisis bahwa kemungkinan besar 1 Dzulhijjah 1445 Hijriah jatuh pada hari Sabtu, yakni pada tanggal 8 Juni 2024.

Namun, Ia menyebut untuk penetapan resmi akan menunggu hasil sidang isbat dari Kemenag Pusat. 

"Idul Adha kemungkinan jatuh pada 17 Juni, bersamaan dengan penetapan oleh Muhammadiyah yang telah menetapkan jauh-jauh hari," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Balikpapan, Rasmid juga menyampaikan rincian teknis mengenai pengamatan hilal.

BACA JUGA: Tingkatkan Keterampilan SDM, PT Berau Coal Gelar Pelatian Menjahit Busana Batik 

"Matahari terbenam pada pukul 18.13, dan bulan muncul pada 18.59. Ini adalah waktu ideal untuk observasi. Hilal kali ini cukup tinggi, sekitar 9 derajat, dengan elevasi 12.43 derajat," ungkap Rasmid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: