Bertemu Panglima Komando Wilayah Pertahanan II, Pj Gubernur Kaltim Siap Bantu Pembangunan Markas Komando

Bertemu Panglima Komando Wilayah Pertahanan II, Pj Gubernur Kaltim Siap Bantu Pembangunan Markas Komando

Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik saat bertemu Panglima Komando Wilayah Pertahanan II-istimewa-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik menyatakan kesiapan untuk membantu pembangunan Markas Komando Gabungan Wilayah (Makogabwilhan) II di daerah Amborawang, Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar).

Ini disampaikan Akmal Malik saat bertemu dengan Panglima Komando Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan)  II, Marsekal Madya (Marsdya) TNI Muhammad Khairil Lubis di Markas Sementara Kogabwilhan II di Balikpapan, Jumat (7/6/2024).

BACA JUGA : Pemkab Badung Beri Bantuan Rp 2,9 Miliar Percepat Pembangunan Pura Pertiwi Agung Kaharingan

Meski menyatakan kesiapan untuk membantu, namun Akmal Malik menegaskan harus tetap mengacu pada aturan yang berlaku untuk menghindari kasus-kasus hukum di kemudian hari.

"Kami sangat senang membantu, apalagi ini untuk kepentingan bangsa dan negara. Kita akan support. Tapi harus ada payung hukum terlebih dahulu agar tidak menjadi temuan di kemudian hari," kata Akmal Malik. 

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu menyebutkan, berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara bahwa, kawasan Makogabwilhan yang saat ini sedang dibangun itu berada di areal perluasan/pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN).

BACA JUGA : Usai Terima SK Resmi dari PAN, Rudy Mas'ud Optimis Bakal Dapat Dukungan Seluruh Partai

"Sesuai regulasi, Pemprov Kaltim tidak bisa melakukan intervensi baik dalam hal SDM, aset dan anggaran, karena Makogabwilhan berada di wilayah IKN," ungkap Akmal.

Karena itu, dalam realisasi bantuan nanti, tentu harus ada payung hukum yang kuat untuk bisa melakukan intervensi.

Namun demikian, Akmal meminta instansi terkait seperti BPKAD Kaltim dan Biro Umum Setda Provinsi Kaltim untuk terus berkoordinasi dengan jajaran Makogabwilan II dalam hal mendukung kelancaran proses pembangunan Markas tersebut.

"Kita sangat support. Tapi pertama harus kita buat MoU dengan Otorita IKN. Karena Makogabwilhan II berada di 256.000 hektar area perluasan IKN," tegas Akmal.

Sementara itu, Panglima Komando Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan)  II, Marsekal Madya (Marsdya) TNI Muhammad Khairil Lubis menyampaikan, terimakasih atas upaya dukungan dari Pemprov Kaltim dalam proses pembangunan Markas tersebut.

"Terima kasih Pak Pj Gubernur. Kehormatan bagi saya, Pak Pj adalah tamu pertama saya di markas sementara ini," ucap Marsdya Muhammad Khairil Lubis.

BACA JUGA : Pemprov Kaltim Pastikan Hewan Kurban Sehat Dan Aman Dikonsumsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: