Kaltim Tuan Rumah Hari Kearsipan Nasional ke-53, Menpan RB Dijadwalkan Hadir

Kaltim Tuan Rumah Hari Kearsipan Nasional ke-53, Menpan RB Dijadwalkan Hadir

Syafranudin (kanan) membahas teknis HKN ke-53 di Kaltim. (Sammy/Disway) --

Samarinda, NOMORSATUKALTIM - Provinsi Kalimantan Timur dipastikan menjadi tuan rumah Peringatan Hari Kearsipan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2024 ini. Agenda akan diselenggarakan di Hotel Mercure Samarinda mulai 28-30 Mei 2024.

Agenda Rakor yang rutin diselenggarakan di bergiliran di tiap-tiap provinsi di Indonesia ini kini memilih Provinsi Kalimantan Timur sebagai tuan rumah. Lokasinya yang dekat dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) memang menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan dalam Rakor sebelumnya di Provinsi Jawa Timur tahun 2023, Kaltim terpilih aklamasi menjadi tuan rumah HKN ke-53 tahun ini. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur, Syafranudin ditemui dalam gelaran konfrensi pers nya di Gedung Kearsipan DPK Kaltim Senin (27/05/2024) memaparkan, bahwa akan ada 1300 lebih orang akan datang ke Samarinda.

"Peserta utamanya yaitu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan seluruh Indonesia, sehingga dipastikan sejumlah hotel-hotel di Samarinda akan penuh," jelasnya. 

Menurut Ifan, sapaan akrabnya bahwa dalam peringatan HKN ke-53 ini, akan dilaksanakan sejumlah kegiatan. Diantaranya yaitu Rakornas Kearsipan, Rakortek Pengawasan Kearsipan, Pameran Arsip, hingga pameran yang melibatkan sejumlah UMKM di Provinsi Kaltim. 

Ditanya terkait isu Kearsipan Kaltim yang akan dibawa ke dalam Rakornas nanti, Ifan mengakui akan membawa isu keterbatasan jumlah arsiparis di Kaltim. Saat ini diakui pihaknya merasa kekurangan tenaga Kearsipan, hingga menjadi kendala tersendiri maksimalkan sistem Kearsipan di Kabupaten/Kota.

"Kebetulan Pak Menteri Pan RB langsung yang akan datang, isu kekurangan tenaga arsip ini akan disampaikan langsung dalam rakor," paparnya. 

Diketahui HKN tahun 2024 ini akan mengangkat tema 'Sustainable Archiving for the Best Futre' yang dimaksud Kearsipan yang berkelanjutan untuk masa dengan terbaik. (Sam/Adv/Kominfo Kaltim) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: