Pangdam VI/Mulawarman Tinjau Proyek Desalinasi Air Peserta Latsitardanus XLIV

Pangdam VI/Mulawarman Tinjau Proyek Desalinasi Air Peserta Latsitardanus XLIV

--

KUKAR, NOMORSATUKALTIM - Dandim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr), Letkol Czi Damai Adi Setiawan sambut rombongan Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo. Kedatangan itu dalam rangka meninjau proyek Desalinasi air di KM. 14, Gang Heram, RT 03, Kelurahan Loa Ipuh Darat, Kecamatan Tenggarong,pada  Sabtu 25 Mei 2024. 

Dalam kunjungan tersebut juga turut dihadiri Kasdam VI/Mlw, Brigjen TNI Bayu Permana, Kasrem 091/Asn, Kolonel Inf. Priyanto Eko Widodo, Dosen Unhan Kolonel Arm Ferdinan Hasibuan serta para perwira Kodim 0906/Kkr dan peserta Latsitarda Nusantara XLIV. 

Pangdam VI/Mulawarman saat meninjau langsung proyek Desalinasi menyampaikan apresiasinya kepada para peserta Latsitarda. Ia menyebut para peserta Latsitarda telah memberikan inovasi berupa pengolahan air yang berasal dari air bekas (eks) tambang, menjadi air yang layak konsumsi masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Kagum dengan Potensi Wisata di Kukar, Kapolda Kaltim Ajak Generasi Muda Jaga Alam

“Terimakasih kepada para peserta Latsitarda yang telah berhasil mengaplikasikan ilmu pengetahuannya dengan membangun tempat pengolahan air bekas tambang ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi warga”, tuturnya. 

“Jadikan moment latihan ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, tetap semangat jaga kekompakan serta jaga kesehatan selama melaksanakan kegiatan Latsitarda ini”, ujar Pangdam.

Salah satu dosen Unhan, Dian memberikan penjelasan kepada Pangdam dan rombongan tentang proses Desalinasi air bekas tambang agar bisa digunakan oleh warga masyarakat dimana awal air memiliki PH 2 sekarang sudah menjadi 7,2 sehingga sudah layak untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

 "Sebelum melalui proses Desalinasi ini air tersebut tidak bisa digunakan oleh masyarakat sekitar karena tidak memenuhi standar air bersih. Sekarang dengan PH 7,2 maka air ini sudah layak untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat sehari hari," ujarnya.

BACA JUGA:Taklukkan Jalur Adventure Trail Bhayangkara Presisi, Pangdam Mulawarman : Potensi Wisata Kukar Sangat Besar

Usai melakukan peninjauan, Pangdam VI/Mlw, Mayjen TNI Tri Budi Utomo juga berkesempatan memberikan tali asih kepada peserta Latsitarda Nusantara XLIV yang telah selesai mengerjakan proyek Desalinasi air eks tambang di Kelurahan Loa Ipuh Darat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: