Pentingnya Melakukan Perlindungan Mangrove Berbasis Masyarakat

Pentingnya Melakukan Perlindungan Mangrove Berbasis Masyarakat

kegiatan restorasi mangrove-istimewa-

BALI, NOMORSATUKALTIM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau, Tentram Rahayu, menjadi salah satu pembicara diajang World Water Forum (WWF) ke 10 yang berlangsung di Bali, Selasa (21/5/2024).

Diskusi panel bertajuk Restorasi dan Perlindungan Ekologis Mangrove Berbasis Masyarakat ini digagas Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) bersama Pemerintah Kabupaten Berau dan para mitra.

Diskusi yang berlangsung di Paviliun Nature Hub ini menekankan bahwa restorasi mangrove bermanfaat tidak hanya untuk pelestarian lingkungan termasuk sumber air, tetapi juga penghidupan masyarakat.

Manfaat restorasi mangrove sudah dirasakan oleh masyarakat di wilayah Kabupaten Berau, yang memiliki ekosistem mangrove terbesar di Kalimantan Timur dengan luasan lebih dari 55.000 hektar.

Dalam paparannya, Tentram Rahayu yang juga mantan Kepala Dinas Perikanan Berau menjelaskan, semula ekosistem mangrove di Berau terus mengalami tekanan akibat alih fungsi menjadi budidaya perikanan dan pemukiman.

BACA JUGA : Berbagai Langkah Pencegahan Dilakukan sebagai Upaya Menekan Angka Kekerasan di Berau

Padahal mangrove merupakan ekosistem vital untuk menjaga abrasi dan erosi, tempat hidup berbagai biodiversitas, dan juga sebagai filter air alami.

Mangrove menyaring polutan sehingga meningkatkan kualitas air yang mengalir dari sungai ke muara dan lingkungan laut.

Pemkab Berau telah melakukan berbagai upaya untuk melindungi wilayah mangrove, antara lain melalui Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2020 tentang Pengelolaan ekosistem mangrove di APL yang kemudian, dengan dukungan berbagai pihak termasuk YKAN.

hal ini juga ditindaklanjuti dengan penerbitan Keputusan Bupati Berau Nomor 484 tahun 2022 tentang Penunjukan Tim Pengelola Mangrove Kampung Teluk Semanting Sebagai Pengelola Ekowisata Mangrove Berkelanjutan Berbasis Masyarakat.

"Pengelolaan Ekowisata ini memacu semangat warga untuk terus melestarikan mangrove. Masyarakat juga banyak terlibat dan mendatangkan tambahan penghasilan bagi masyarakat, termasuk kelompok ibu-ibu” jelasnya.

Aksi kolaboratif adalah kunci keberhasilan pelestarian mangrove.

YKAN merancang dan mendorong Mangrove Ecosystem Restoration Alliance (MERA), sebuah platform multipihak untuk mendukung upaya perlindungan dan pengelolaan ekosistem mangrove di Indonesia secara berkelanjutan.

BACA JUGA : 22 Kampung di Berau Masuk Kategori Rawan Pangan

Jemmy Chayadi, Direktur Strategi dan Pembangunan Berkelanjutan Djarum Foundation, salah satu anggota MERA yang ikut dalam diskusi panel, menyampaikan pelestarian mangrove ini memang sejalan dengan fokus kami selaku pihak swasta untuk dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan terutama bagi masyarakat.

Di Kabupaten Berau pelibatan perani tambak udang sebelumnya lahan mangrove banyak dikonversi menjadi tambak udang tradisional.

Hasil panen yang rendah mendorong petambak membuka lahan lebih luas lagi.

Namun Sejak tahun 2020, YKAN bersama mitra menginisiasi program Shrimp-Carbon Aquaculture atau SECURE untuk menggabungkan budidaya tambak udang tradisional dengan restorasi mangrove yang berkelanjutan.

Dengan SECURE, tambak yang ada dibagi menjadi 2 bagian dimana 80% area dijadikan sebagai area restorasi mangrove dan 20% sisanya sebagai area budidaya.

BACA JUGA : Bupati Berau Serahkan 661 Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Maluang

“Pendekatan SECURE ini salah satu contoh win-win solution agar mangrove tetap lestari, tanpa mengganggu mata pencaharian petambak. Bahkan dengan adanya mangrove, dapat mendukung praktek budidaya sebagai pakan alami ikan, menyaring air, hingga mengurangi emisi karbon,” jelas Mariski Nirwan, Manajer Senior Ketahanan Pesisir YKAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: