Kenaikan Pertumbuhan Penduduk Secara Signifikan di Berau karena Pilkada Berpotensi Terulang Kembali

Kenaikan Pertumbuhan Penduduk Secara Signifikan di Berau karena Pilkada Berpotensi Terulang Kembali

Kenaikan Pertumbuhan Penduduk Secara Signifikan di Berau Karena Pilkada Berpotensi Terulang Kembali-istimewa-

BERAU, NOMORSATUKALTIM – Kabupaten Berau terus mengalami pertumbuhan penduduk setiap tahunnya, namun beberapa tehun lalu terjadi anomali penambahan jumlah penduduk secara signifikan yang bertepatan dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Berau 2020.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Berau, David Pamuji memaparkan, berdasarkan data yang pihaknya miliki, pada tahun 2019 terdapat 232.189 penduduk di Bumi Batiwakkal.

Kemudian pada tahun 2020, jumlah penduduk di Berau menjadi 252.439 jiwa karena terdapat penambahan jumlah penduduk sebanyak 19.250 jiwa.

“Tahun itu menjadi yang tertinggi dibandingkan tahun setelahnya,” ucapnya.

BACA JUGA : Pembangunan Tahap Pertama Rumah Sakit Baru di Berau Ditargetkan Rampung Juli Mendatang

Angka pertumbuhan jumlah penduduk terjadi penurunan pada tahun setelahnya, yakni hanya 11.711 jiwa. Sehingga pada tahun 2021, jumlah penduduk di Berau mencapai 263.150 jiwa. Pada tahun 2022, tercatat jumlah penduduk Berau mencapai 272.887 jiwa, atau terjadi penambahan sebanyak 9.737 jiwa.

“Angka tersebut terus turun, sehingga terakhir tercatat pertumbuhan penduduk pada tahun 2023 hanya 8.111 jiwa,” sebutnya.

Sementara itu, untuk angka pertumbuhan penduduk tahun 2024 diprediksi akan Kembali mengalami lonjakan karena adanya momentum Pemilu 2024.

“Kemungkinan tahun ini juga terjadi lonjakan pertumbuhan penduduk, tapi sekarang kami sedang proses pencatatan pertumbuhan penduduk di smester pertama 2024,” tuturnya.

BACA JUGA : Pj Gubernur Kaltim Paparkan Program Jaminan Ketenagakerjaan, Sebut Perusahaan Wajib Jalankan ke Karyawannya

Lebih lanjut ia menjelaskan, perhitungan pertumbuhan penduduk adalah jumlah dari total penduduk datang ditambah jumlah kelahiran, dikurang penduduk pergi dan penduduk meninggal.

“Angka yang kita dapat dari rumus tersebut,” tegasnya.

Namun, pertumbuhan penduduk bukan serta-merta adalah orang yang baru masuk berau, bisa jadi seseorang telah menetap lama di Berau namun baru mencatatkan kepindahannya ke Disdukcapil Berau.

BACA JUGA : Dianggap Punya Kedekatan, Rudy Mas'ud Ambil Formulir Pendaftaran di PKB Kaltim

“Seperti para pekerja, serign kita dapati mereka sudah beberapa tahun tinggal di berau tetapi belum mengurus kepindahan,” ucapnya.

Terdapat beberapa alasan yang membuat seseorang baru mengurus kepindahannya ke Berau, salah satunya adalah agar bisa mengikuti Pilkada. Selain itu, pemberian bantuan sosial juga bisa menjadi alasan seseorang baru mengurus kepindahannya.

“Alasan lainnya adalah untuk kemudahan mengurus administrasi,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: