Kaltim Kirim Delegasi ke Anhui China, Jajaki Kerjasama Ekonomi dan Pendidikan

Kaltim Kirim Delegasi ke Anhui China, Jajaki Kerjasama Ekonomi dan Pendidikan

Rombongan Delegasi Kaltim saat mengunjungi Provinsi Anhui, China untuk menindaklanjuti tawaran kerjasama.-(Ist/ Disway Kaltim)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) bakal menjalin kerjasama dengan Pemprov Anhui, China.

Saat ini, Pemprov Kaltim melalui beberapa delegasi sedang melaksanakan kunjungan ke Provinsi Anhui untuk membahas beberapa sektor yang menjadi perhatian utama dalam kerjasama tersebut ke depannya.

Salah satu delegasi Kaltim, Puguh Harjanto menjelaskan, kunjungan ke Provinsi Anhui itu tujuannya untuk menindaklanjuti rencana kerjasama antar kedua provinsi tersebut.

Ada beberapa sektor yang menjadi perhatian utama dalam kerja tersebut. Di antaranya, sektor pendidikan, perdagangan, investasi, pariwisata, dan ketahanan pangan dan sektor lainnya.

BACA JUGA: Pemprov Kaltim Mulai Pikirkan Program Pasca Dana Karbon Fund Berakhir

Kemudian, rencananya juga akan ada kerjasama sister city antara Samarinda, Balikpapan dengan beberapa kota di Anhui, China.

"Jadi, kami ini tim action atau tim pendahulu untuk menjajaki beberapa rencana kerjasama tersebut," kata Puguh Harjanto saat dihubungi media ini, Selasa (23/4/2024).

Sebelumnya, kata Puguh, Pemerintah Anhui telah mendatangi Provinsi Kaltim untuk mengajukan kerjasama tersebut.

Pemerintah Anhui menilai banyak peluang usaha di Kaltim ke depan, apalagi dengan adanya Ibu Kota Nusantara (IKN)

BACA JUGA: Pj Gubernur Kaltim Usulkan Undang Negara Luar Saksikan Pesta Adat Lom Plai Wehea

"Mereka (Anhui) yang duluan mengajukan ke Kaltim. Karena Kaltim sebagai IKN. Kemudian juga ada beberapa hal yang perlu dimaksimalkan ke depan. Di Anhui ini kan pusat high teknologinya China. Semua produk otomotif China ada di sini," ujar Puguh.

Puguh mencontohkan seperti pembangunan ketahanan pangan. Ke depannya pembangunan itu akan terus dimaksimalkan sampai ke desa-desa di Kaltim.

"Nanti ada beberapa produk unggulan di China, akan kita terapkan di Kaltim juga. Kaltim ini kan masih menjadi PR soal ketahanan pangan. Ini akan kita masuk juga di desa-desa di Kaltim. Kita akan mapping setiap desa untuk memaksimalkan ketahanan pangan," kata Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Kaltim ini.

BACA JUGA: Pj Gubernur Kaltim: Pilih Kambing atau Batu Bara?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: