Fakta-Fakta di Balik Kemenangan Timnas Indonesia U-23 Di Piala Asia 2024

Fakta-Fakta di Balik Kemenangan Timnas Indonesia U-23 Di Piala Asia 2024

Marselino usai mencetak gol ke gawang Yordania.--

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Kemenangan timnas U-23 atas Jordania U-23 di Piala Asia Qatar 2024, berhasil membawa hingga babak delapan besar atau perempat final. Hasil ini pun menuai rekor tersendiri bagi tim Garuda Muda.  

Sebelumnya, timnas berhasil menyikat Jordania dengan skor meyakinkan 4-1, Minggu 21 April 2024 malam kemarin. Gol-gol timnas dicetak oleh brace Marselino, Witan Sulaiman, dan Komang Teguh. Sementara Jordania hanya mendapat bonus gol bunuh diri dari Justin Hubner. 

Berikut beberapa fakta yang perlu diketahui pasca kemenangan timnas di Piala Asia 2024

1. Untuk pertama kali dalam sejarah, Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak delapan besar / Perempat Final Piala AFC U-23. Hebatnya lagi ini adalah partisipasi pertama Indonesia di turnamen ini.


Timnas U-23.--

2. Coach Shin Tae-yong menjadi pelatih pertama Timnas Indonesia yang meloloskan dua Timnas sekaligus pada babak fase grup, di dua turnamen berbeda. Yakni timnas utama di Piala Asia 2023, dan timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U23 2024. 


Shin Tae-yong.--

3. Nathan Tjoe-A-On harus kembali ke klubnya, Heerenveen. Sebelumnya Nathan cuma diberikan izin seminggu saja untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Piala AFC U-23. Pihak PSSI pun mencoba kembali melobi pihak klub agar Nathan bisa kembali memerkuat timnas di perempat final, meski pun peluangnya kecil. 


Nathan Tjoe A On.--

4. Kontrak Shin Tae-yong resmi diperpanjang hingga 2027. Masa depan pelatih asal Korea Selatan sudah terjawab, saat Ketua Umum PSSI Erick Thohir mendatangi ruang ganti pemain usai pertandingan. Dalam unggahan video Instgarm pribadinya, Erick Thohir memberikan ucapan selamat kepada Shin Tae-yong beserta pemain timnas Indonesia U-23. “Selamat, jadi pelatih tetap bersama kita?” tanya Erick Thohir kepada pemain timnas Indonesia U-23. Dengan serentak pemain timnas Indonesia U-23 kompak menjawab, yeahhhh, kemudian meneriakkan nama “Shin Tae-Yong, Shin Tae-Yong”


Erick Thohir mengucapkan selamat kepada Shin Tae-yong usai kemenangan atas Yordania.-instagram/@erickthohir-

5. Marselino Ferdinan menjadi pemain pertama Timnas Indonesia dalam sejarah yang mencetak gol dalam dua turnamen Piala Asia. Yaitu di Piala Asia 2023 saat melawan Irak Januri 2024 lalu. Dan dua gol di Piala Asia U-23 saat melawan Yordania. Dan Marselino masih berumur 19 tahun saat ini. Masa depan yang cerah bagi timnas. 

 
Marselino Ferdinan.-transfermarkt-

6. Timnas Indonesia selalu meraih kemenangan saat bermain di Abdullah bin Khalifa Stadium. Catatannya:  Indonesia 1-0 Vietnam di Piala Asia 2023, Indonesia U-23 1-0 Australia U-23 (Piala Asia U-23 2024), Indonesia U-23 4-1 Yordania U-23 (Piala Asia U-23 2024). Masih ingin bermain di stadion ini? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: