Upaya Pemkab Paser Tingkatkan Penerimaan Pajak

Upaya Pemkab Paser Tingkatkan Penerimaan Pajak

Bupati Paser, Fahmi Fadli (kiri) saat menerima dokumen rekomendasi terkait LKPj 2023 oleh Ketua DPRD Paser, Hendra Wahyudi. -Prokopim Paser-

PASER, NOMORSATUKALTIM – Selain melakukan pendataan ulang wajib pajak, Pemkab Paser akan berupaya keras untuk meningkatkan penerimaan pajak pada tahun ini. Diketahui, realisasi pajak daerah Kabupaten Paser pada 2023 mencapai Rp 67 miliar atau 68,76 persen dari target Rp 97 miliar.

Menanggapi rekomendasi DPRD Paser dalam paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) 2023, Bupati Paser, Fahmi Fadli mengatakan telah menyiapkan strategi agar peningkatan penerimaan pajak daerah naik signifikan.

"Kedepannya kami akan memprioritaskan pengembangan digitalisasi dalam pengelolaan pajak, sehingga dalam pelayanan pajak juga bisa lebih baik," ucap Fahmi, diwawancarai usai paripurna penyampaian rekomendasi DPRD Paser terhadap LKPj Bupati Paser 2023, Senin (22/4/2024).

Adapun digitalisasi itu saat ini tengah dilaksanakan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Setiap wajib pajak dapat menggunakan aplikasi segala informasi terkait dengan pembayaran pajak.

Manfaatnya yaitu pembayaran pajak daerah dapat dilakukan secara online melaui DG Bankaltimtara, Isaku, Tokopedia, PT Pos Indonesia, Gopay dan Indomaret. Pendaftaran pajak dearah secara daring dapat diakses melalui aplikasi Simpadataka, menyediakan saluran pengaduan pelayanan pajak melalui call center.

Simpadataka merupakan aplikasi pajak daerah berbasis digital yang akan membantu Bapenda Kabupaten Paser dalam menjalankan administrasi, pencatatan administrasi pajak yang kredibel, optimalisasi pengawasan pajak daerah, kemudahan pelayanan pajak daerah dan pemuktahiran pajak daerah.

"Dengan aplikasi itu memberikan kemudahan layanan kepada wajib pajak," pungkas Fahmi.

Dirinya yakin pendapatan penerimaan pajak dapat meningkatkan pada tahun-tahun mendatang. Tentunya, semua pihak berkomitmen untuk melakukan upaya peningkatan, bukan hanya Bapenda. (adv)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: