Kecamatan Tenggarong Seberang Konsen di Sektor Pertanian Berkelanjutan, Kuncinya Pengendalian Air

Kecamatan Tenggarong Seberang Konsen di Sektor Pertanian Berkelanjutan, Kuncinya Pengendalian Air

Camat Tenggarong Seberang, Kukar, Tego Yuwono meyakini wilayahnya mampu memenuhi swasembada pangan yang dicanangkan Pemkab Kukar.-ist-Disway Kaltim


banner diskominfo kukar-ist-diskominfo kukar

KUKAR, NOMORSATUKALTIM- Dalam upaya mencapai swasembada pangan yang dicanangkan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar), Kecamatan Tenggarong Seberang terus berkonsentrasi pada sektor pertanian.

Sebagai zona pilot project pengembangan pertanian, khususnya untuk tanaman padi, Kecamatan Tenggarong Seberang memiliki keyakinan kuat dalam mencapai target swasembada pangan dengan memanfaatkan potensi yang ada.

Kuncinya kata Camat Tenggarong Seberang, Tego Yuwono, yakni pentingnya strategi distribusi air yang efektif untuk lahan pertanian. Dengan ketergantungan pada irigasi alami, maka diperlukan metode yang lebih berkelanjutan untuk mendukung independensi pangan.

“Kami bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Dinas Pekerjaan Umum Kukar untuk mengevaluasi opsi teknis, termasuk penggunaan mesin pompa air dan infrastruktur pipa, agar pasokan air ke lahan pertanian terjamin,” katanya.

Inisiatif percontohan pemerintah daerah ini, diharapkan dapat menjadikan Kecamatan Tenggarong Seberang sebagai pemacu swasembada pangan untuk memenuhi kebutuhan lokal dan mendukung produksi pangan di kawasan lainnya di Kaltim.

Sehingga target Kukar menjadi lumbung pangan Kalimantan Timur (Kaltim) dan wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) dapat terwujud.

Dengan rencana pembangunan IKN di wilayah ini, Kabupaten Kukar bertekad dapat berkontribusi aktif dalam pencapaian swasembada pangan melalui pengembangan sektor pertanian.

“Inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan di masa depan,” imbuhnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: